UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING (PTK Pembelajaran Matematika Subpokok Bahasan Keliling Dan Luas Segitiga Di Kelas VII SMP N I Penawangan)

Agusrina, Yohana (2009) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING (PTK Pembelajaran Matematika Subpokok Bahasan Keliling Dan Luas Segitiga Di Kelas VII SMP N I Penawangan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050061.pdf

Download (47kB)
[img] PDF
A410050061.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (864kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai peningkatan aktivitas siswa kelas VII SMP pada proses pembelajaaran melalui pendekatan Reciprocal Teaching pada subpokok bahasan keliling dan luas segitiga. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 Penawangan tahun ajaran 2008/2009 dengan jumlah siswa 40. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara diskriptif kualitatif. Analaisis diskriptif kualitatif dilaksanakan dengan melalui alur. Data dianalisisis sejak tindakan pembelajaran, setiap tindakan selama tiga putaran. Hasil penelitian adalah terjadinya peningkatan aktivitas belajar siswa melalaui pendekatan Reciprocal Teaching. Adapun peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika yang ada yaitu (1) Aktivitas siswa dalam menjelasakan/menyajikan hasil temuannya di depan kelas setiap putaran semakin meningkat. Sebelum penelitian hanya 10%, putaran I meningkat menjadi 15%, putaran II 22,5% , dan pada putaran III meningkat menjadi 67,5%. (2) Aktivitas siswa dalam diskusi kelompok setiap putaran semakin meningkat. Sebelum penelitian hanya 15%, putaran I meningkat menjadi 25%, putaran II 37,5% , dan pada putaran III meningkat menjadi 72,5%. (3) Aktivitas siswa dalam mengemukakan ide atau alternatif jawaban setiap putaran semakin meningkat. Sebelum penelitian hanya 20%, putaran I meningkat menjadi 30%, putaran II 47,5% , dan pada putaran III meningkat menjadi 75%. Penelitian ini menyimpulkan pembelajaran melalui pendekatan Reciprocal Teaching dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Reciprocal Teaching, Aktivitas.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 16 Nov 2009 08:55
Last Modified: 20 Nov 2019 01:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4655

Actions (login required)

View Item View Item