EKSPERIMENTASI PENGAJARAN MATEMATIKA DENGAN REMEDIAL KELOMPOK DAN REMEDIAL BERSAMA DITINJAU DARI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG (Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta)

WIDYANINGRUM, ERMA ZESI (2009) EKSPERIMENTASI PENGAJARAN MATEMATIKA DENGAN REMEDIAL KELOMPOK DAN REMEDIAL BERSAMA DITINJAU DARI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG (Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050056.pdf

Download (44kB)
[img] PDF
A410050056.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Pengaruh metode remedial kelompok dan remedial bersama terhadap prestasi belajar matematika siswa. 2). Pengaruh Kesulitan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. 3). Efek interaksi antara metode mengajar dan Kesulitan belajar terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SLTP Muhammadiyah 2 Suarakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa dua kelas SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan metode remedial kelompok dan kelas kontrol diberikan metode remedial bersama. Teknik Pengumpulan data menggunakan metode tes, metode angket dan metode dokumentasi. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknis analisis data yang digunakan analisis variansi dua jalan tak sama. Berdasarkan hasil penelitian ini dengan α = 5% dapat disimpulkan bahwa: 1). Terdapat pengaruh metode remedial kelompok dan remedial bersama terhadap prestasi belajar matematika, hal tersebut dapat dilihat pada nilai Fa = 7,510. 2). Terdapat pengaruh kesulitan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, hal tersebut dapat dilihat dari nilai Fb = 155,99. 3). Terdapat efek interaksi antara metode pengajaran dengan kesulitan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, hal tersebut dapat dilihat dari nilai Fab = 10,358.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : Metode Remedial, Kesulitan Belajar dan Prestasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 16 Nov 2009 08:45
Last Modified: 16 Nov 2010 03:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4654

Actions (login required)

View Item View Item