EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI (Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Cawas Klaten)

WIDIANINGSIH, AMBAR DWI (2009) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI (Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Cawas Klaten). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050048.pdf

Download (156kB)
[img] PDF
A410050048.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). pengaruh metode Problem Based Learning (PBL) dan Konvensional terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan Bangun Datar Persegi Panjang dan Persegi. 2). pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun datar persegi panjang dan persegi. 3). efek interaksi antara metode mengajar dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan bangun datar persegi panjang dan persegi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SLTP N 1 Cawas Klaten 2008/2009. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data hasil belajar matematika siswa, metode dokumentasi untuk mengetahui nilai raport semester 1 matematika siswa yang digunakan untuk menguji keseimbangan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknis analisis data yang digunakan analisis variansi dua jalan dengan frekuensi tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji Scheffe. Berdasarkan hasil penelitian ini dengan � = 5% dapat disimpulkan bahwa: 1). tidak terdapat pengaruh metode pembelajaran PBL dengan metode Konvensional terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan bangun datar persegi panjang dan persegi dengan Fa = 2.035. 2). terdapat pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan Fb = 28.510. 3). terdapat efek interaksi antara metode pengajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, hal tersebut dapat dilihat dari nilai Fab = 12.676

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PBL (Problem Based Learning), Konvensional, Kemampuan awal, prestasi-belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 16 Nov 2009 08:31
Last Modified: 16 Nov 2010 03:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4649

Actions (login required)

View Item View Item