EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASEDINSTRUCTION) DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (DI SMA BATIK 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008 / 2009)

MERDEKAWATI, SANTI (2009) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASEDINSTRUCTION) DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (DI SMA BATIK 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008 / 2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050045.pdf

Download (181kB)
[img] PDF
A410050045.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan Differensial. 2). Pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar. 3). Interaksi antara model pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA BATIK 2 Surakarta 2008/2009. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa dua kelas SMA BATIK 2 Surakarta. Siswa kelas XI IPA I sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA II sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan model PBI dan kelas kontrol diberikan metode GI. Teknik Pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data hasil belajar matematika siswa, metode angket untuk data kemandirian belajar siswa serta metode dokumentasi untuk mengetahui nilai raport semester 1 matematika siswa yang digunakan untuk menguji keseimbangan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknis analisis data yang digunakan analisis variansi dua jalan dengan frekuensi tak sama, yang sebelumnya uji keseimbangan dengan menggunakan ttest , kemudian dilakukan uji normalitas dengan menggunakan metode dan uji homogenitas dengan menggunakan metode Bartlett. Berdasarkan hasil penelitian ini dengan J = 5% dapat disimpulkan bahwa: 1). Tidak terdapat pengaruh metode pembelajaran PBI dengan metode GI terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan Differensial. 2). Tidak terdapat pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. 3). Tidak terdapat pengaruh efek interaksi antara metode pengajaran dengan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, PBI (Problem Based- Instruction),Group
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 16 Nov 2009 08:19
Last Modified: 16 Nov 2010 03:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4646

Actions (login required)

View Item View Item