EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA (PBAS) DAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI (SPE) PADA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT (Eksperimentasi di SMP Al-Islam 1 Surakarta Kelas VII)

WIJAYANTI P., DIAH (2009) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA (PBAS) DAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI (SPE) PADA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT (Eksperimentasi di SMP Al-Islam 1 Surakarta Kelas VII). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050035.pdf

Download (38kB)
[img] PDF
A410050035.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan segi empat antara siswa yang menggunakan PBAS dan SPE dalam proses pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2008/2009. Sampel penelitian ini adalah dua kelas, yaitu kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t-tes, sebelum dilakukan uji t-tes maka dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat analisis. Berdasarkan nilai t dari hasil perhitungan diperoleh harga hitung t = -1,782 dikonsultasikan dengan tabel t dengan db=77 pada taraf signifikansi 10% diperoleh tabel t = -1,671, dengan melihat data secara statistik maka harga hitung t lebih kecil dari tabel t (-1,782 < - 1,671), maka 0 H ditolak dan i H diterima. Hipotesis penelitian ini menggunakan uji dua arah atau dua ekor, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan segi empat antara pembelajaran yang menggunakan PBAS dan SPE. Rata-rata prestasi belajar metematika pada pokok bahasan segi empat di kelas eksperimen adalah 44,375, sedangkan rata-rata di kelas kontrol adalah 51,487. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa rata-rata kelas yang menggunakan pembelajaran PBAS lebih rendah prestasi belajarnya dibandingkan dengan kelas yang menggunakan pembelajaran SPE, sehingga pembelajaran dengan menggunakan SPE lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran PBAS.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: proses pembelajaran, strategi PBAS, SPE, prestasi belajar matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 16 Nov 2009 08:01
Last Modified: 16 Nov 2010 03:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4643

Actions (login required)

View Item View Item