PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STRUKTURAL TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEAKTIFAN SISWA ( Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar

PRAMUJIATI, HERA ISNA (2009) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STRUKTURAL TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEAKTIFAN SISWA ( Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050030.pdf

Download (118kB)
[img] PDF
A410050030.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) Pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) Interaksi antara model pembelajaran dan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMP N 1 Bandar yang terdiri dari 5 kelas. Sampel yang diambil sebanyak 80 siswa yang terbagi dalam 2 kelas yaitu kelas VIIIA sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIC sebanyak 40 siswa sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampelnya adalah cluster random sampling. Penelitian ini berupa penelitian eskperimentasi dengan metode pengumpulan datanya adalah metode tes, metode angket dan metode dokumentasi. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan analisis variansi (anava) dua jalan. Hasil pengujian hipotesis menggunakan % 5 = a menunjukkan (1) Fhitung = 0,550 < Ftabel = 4,001 sehingga H0 diterima yang berarti tidak terdapat pengaruh model pembelajaran tehadap prestasi belajar matematika, (2) F hitung = 7,498 > F tabel= 3,150 sehingga H0 ditolak yang berarti terdapat pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) F hitung = 0,543 < F tabel = 3,150 sehingga H0 diterima yang berarti tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, prestasi belajar, dan keaktifan belajar siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 16 Nov 2009 07:51
Last Modified: 16 Nov 2010 03:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4640

Actions (login required)

View Item View Item