OPTIMALISASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DENGAN PEMANFAATAN SOFTWARE DELPHI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri Pucang I)

Adianto, Ridwan (2009) OPTIMALISASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DENGAN PEMANFAATAN SOFTWARE DELPHI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri Pucang I). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050023.pdf

Download (52kB)
[img] PDF
A410050023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi sehingga dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa pada pokok bahasan bilangan Romawi. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV SD Negeri Pucang I sebagai subjek pemberi tindakan, serta siswa-siswa kelas IV yang berjumlah 37 siswa sebagai subjek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, catatan lapangan, review tanggapan guru. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Data penelitian ini adalah minat belajar yang dapat dilihat dari perasaan senang, perhatian, kemauan dan kesadaran siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat belajar. Hal ini dapat dilihat dari perasaan senang siswa yang meliputi 1) siswa tidak bosan dalam menerima materi mencapai 65%, 2) siswa aktif dalam pembelajaran mencapai 73%, 3) siswa aktif dalam tanya jawab meningkat mencapai 70%. Perhatian siswa juga mengalami peningkatan meliputi aspek: 1) siswa tidak melamun selama pembelajaran mencapai 62%, 2) perhatian siswa tertuju pada proses pembelajaran mencapai 65%. Kemauan siswa juga mengalami peningkatan meliputi aspek: 1) siswa berani mengemukakan ide mencapai 78%, 2) siswa mengerjakan tugas sendiri di kelas mencapai 76%. Kesadaran siswa juga mengalami peningkatan meliputi aspek: 1) siswa tidak terlambat masuk kelas mencapai 73%, 2) kesiapan siswa dalam menerima materi mencapai 70%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran dengan memanfaatkan software Delphi dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, bilangan Romawi, software Delphi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 16 Nov 2009 07:46
Last Modified: 18 Nov 2019 06:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4638

Actions (login required)

View Item View Item