PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DENGAN PEMANFAATAN PROGRAM MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA (PTK di kelas V SD N Pucang 1 Tulung)

SETIYAWAN, ANDHI BAGUS (2009) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DENGAN PEMANFAATAN PROGRAM MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA (PTK di kelas V SD N Pucang 1 Tulung). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050006.pdf

Download (63kB)
[img] PDF
A410050006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dalam proses belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa. Subyek penelitian ini adalah guru kelas V SD Negeri Pucang 1 sebagai subyek pemberi tindakan serta siswa-siswa kelas V yang berjumlah 26 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan review. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan minat belajar siswa pada pokok bahasan sifat – sifat bangun ruang yang dapat dilihat dari 1) Kesadaran siswa untuk belajar matematika yang meliputi: kesiapan siswa dalam mempersiapkan sumber buku pelajaran matematika sebelum dilakukan tindakan sebesar 34,6% dan setelah penelitian sebesar 76,9%; kesiapan siswa dalam menerima materi pelajaran matematika sebelum dilakukan tindakan sebesar 42,3% dan setelah dilakukan penelitian sebesar 96,2%; 2) Kemauan siswa untuk belajar matematika, yang meliputi: siswa berani mengemukakan ide/gagasan pada saat pelajaran matematika sebelum dilakukan tindakan sebesar 26,9% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 76,9%; siswa mampu menyimpulkan hasil dari pembelajaran matematika sebelum dilakukan tindakan sebesar 34,6% dan setelah dilakukan penelitian sebesar 84,6%; 3) Perhatian siswa selama pembelajaran matematika, yang meliputi: siswa tidak melamun selama pelajaran matematika sebelum dilakukan tindakan sebesar 38,5% dan setelah dilakukan tindakan 92,3%; perhatian siswa tertuju pada proses pembelajaran matematika sebelum dilakukan tindakan sebesar 34,6% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 88,5%; 4) Perasaan senang siswa selama pembelajaran matematika, yang meliputi: siswa aktif dalam proses pembelajaran matematika sebelum dilakukan tindakan sebesar 30,8% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 80,8%; siswa aktif dalam proses tanya jawab dalam proses pembelajaran matematika sebelum dilakukan tindakan sebesar 30,8% dan setelah tindakan sebesar 76,9%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Sifat – Sifat Bangun Ruang, Program Mapping
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 16 Nov 2009 07:34
Last Modified: 16 Nov 2010 03:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4636

Actions (login required)

View Item View Item