Pengelolaan Seni Karawitan Dalam Rangka Mempertahankan Prestasi Kejuaraan Festival Dan Lomba Seni Siswa Nasional Di SMK Negeri 8 Surakarta

Wiranto, Agus and , Prof. Dr. Bambang Sumardjoko (2016) Pengelolaan Seni Karawitan Dalam Rangka Mempertahankan Prestasi Kejuaraan Festival Dan Lomba Seni Siswa Nasional Di SMK Negeri 8 Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI ILMIAH.pdf

Download (435kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
halaman depan.pdf

Download (669kB)
[img] PDF (Bab I)
bab I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab III)
bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki 3 tujuan, yaitu mendeskripsikan tentang : 1) perencanaan pengelolaan seni karawitan dalam rangka mempertahankan prestasi kejuaraan FLS2N, 2) implementasi manajemen pengelolaan seni karawitan dalam rangka mempertahankan prestasi kejuaraan FLS2N, 3) kendala dan hambatan pengelolaan seni karawitan dalam rangka mempertahankan prestasi kejuaraan FLS2N. Metode penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. Desain penelitian menggunakan design studi kasus. Obyek penelitian adalah pengelolaan Seni Karawitan dalam rangka mempertahankan Prestasi Kejuaraan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional. Data berupa data primer dan data sekunder dari sumber data wawancara yaitu Ketua Kompetensi keahlian Seni Karawitan, Wakil Kepala bidang II Bagian Kesiswaan, Wakil kepala bidang 4 (Humas), pembina, dan Siswa yang terlibat pada kegiatan FLS2N dan dokumen tertentu yang terkait. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan model interaktif, peneliti mengumpulkan data langsung ke obyek. Validitas data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian pengelolaan Seni Karawitan dalam rangka mempertahankan Prestasi Kejuaraan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional adalah 1) Perencanaan seni karawitan dalam rangka mempertahankan prestasi kejuaraan FLS2N terdiri dari program kerja mingguan, bulanan, tahunan, dan insidentil. Proses pembauatan karya FLS2N melalui tahapan a) menentukan alat music dan properti, b) Pembuatan naskah awal, c) Proses pengalian karya, d) garap, e) ekspresi, teatrikal, dan kostum, f) pematangan, dan pembuatan naskah akhir. 2) Implementasi manajemen pengelolaan seni karawitan dalam rangka mempertahankan prestasi kejuaraan FLS2N sebagai berikut: perekrutan manajemen sekolah, mengumpukan anggota khususnya untuk calon peserta (siswa) disiapkan materi isi, pross/panduan kegiatan, koordinator dengan panitia dari pusat, menentukan satu konfigurasi, Panduan kegiatan dijalankan, Kegiatan evaluasi, dan mencari solusi dari kekurangan. Kendala atau hambatan-hambatan yang dapat dipaparkan sebagai berikut.: kesiapan sarana dan prasarana, tanggung jawab Pembina yang berat, kendala pada kegiatan FKS2N jika dilihat dari siswa adalah: kegiatan FKS2N bersamaan dengan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), Mental bertanding dan perbedaan pendapat dengan teman-teman FLS2N yang lain, dan teman-teman yang terpilih tidak pantas dalam tim. Kata Kunci : prestasi, pengelolaan, kejuaraan, FLS2N.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: prestasi, pengelolaan, kejuaraan, FLS2N.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with username q100130052
Date Deposited: 18 Aug 2016 08:45
Last Modified: 18 Aug 2016 08:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/46330

Actions (login required)

View Item View Item