HUBUNGAN MINAT BELAJAR, FASILITAS BELAJAR, DAN IKLIM KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KARANG RAYUNG PURWODADI TAHUN AJARAN 2008 / 2009

MAWATI, AKHIR DENI (2009) HUBUNGAN MINAT BELAJAR, FASILITAS BELAJAR, DAN IKLIM KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KARANG RAYUNG PURWODADI TAHUN AJARAN 2008 / 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410040195.pdf

Download (35kB)
[img] PDF
A410040195.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/A410/A4100...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan minat belajar fasilitas belajar, dan iklim keluarga terhadap hasil belajar matematika, (2) hubungan minat belajar terhadap hasil belajar matematika, (3) hubungan failitas belajar terhadap hasil belajar matematika, (4) hubungan iklim keluarga tehadap hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Karang Rayung Kabupaten Grobogan tahun ajaran 2008 / 2009 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 123 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 90 siswa diperoleh dari tabel krejcie dengan menggunakan teknik proposional random sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda yang sebelumnya dilakukan uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Dari hasil penelitian dengan taraf signifikasi α 5%. Dengan persamaan regresinya adalah Y = -52,524 + 0,332 X1 + 0,555 X2 + 0,679 X 3 , dan besar R2 = 0,371, menunjukkan (1) fhitung = 16,899 ada hubungan minat belajar, fasilitas belajar, dan iklim keluarga, tehadap hasil belajar matematika. (2) thitung =2,556 ada hubungan minat belajar terhadap hasil belajar matematika (3) thitung =3,358 ada hubungan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika (4) thitung = 3,890 ada hubungan iklim keluarga terhadap hasil belajar matematika. penelitian ini menyimpulkan bahwa, minat belajar, fasilitas belajar, dan iklim keluarga, dapat mendukung hasil belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat-belajar, fasilitas-belajar, iklim-keluarga, hasil-belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 16 Nov 2009 07:23
Last Modified: 16 Nov 2010 03:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4632

Actions (login required)

View Item View Item