Keterlibatan Pengasuhan Ayah Sebagai Orang Tua Tunggal Dengan Anak Perempuannya Setelah Terjadinya Perceraian (Studi Kasus Komunikasi Antarpribadi di Desa Kwangsan, Kecamatan Jumapolo)

Denny, Astuti and , Palupi, M.A (2016) Keterlibatan Pengasuhan Ayah Sebagai Orang Tua Tunggal Dengan Anak Perempuannya Setelah Terjadinya Perceraian (Studi Kasus Komunikasi Antarpribadi di Desa Kwangsan, Kecamatan Jumapolo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
perpus.pdf

Download (944kB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi)
pernyataan publikasi-denny.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)

Abstract

Menjadi orang tua tunggal memang tidak mudah terlebih seorang ayah dan mengasuh anak perempuan yang masih di bawah umur 12 tahun. Selain harus mencukupi kebutuhan keluarga seorang diri, seorang ayah yang menjadi orang tua tunggal harus mengasuh anak secara mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana keterlibatan pengasuhan ayah sebagai orang tua tunggal kepada anak perempuannya setelah terjadinya perceraian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan komunikasi antarpribadi. Informan penelitian ini terdiri dari tiga orang ayah yang menjadi orang tua tunggal karena latar belakang perceraian di desa Kwangsan, Kecamatan Jumapolo. Data di kumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara semi-terstruktur. Metode analisis data yang di gunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) komunikasi antarpribadi yang di lakukan ayah sebagai orang tua tunggal kepada anaknya untuk memberikan pemahaman mengenai keluarga tidak menjelaskan tentang artinya perceraian namun memberikan pemahaman tentang pekerjaan ibunya; (2) keterlibatan pengasuhan di lakukan secara mandiri dan tidak melibatkan siapapun; (3) tanggung jawab seorang ayah ketika meninggalkan anak perempuan adalah dengan cara di titipkan dengan anggota keluarga lain; (4) aksesibilitas sebagai orang tua tunggal, ayah selalu memberikan waktu untuk menemani bermain dan aktivitas anak perempuannya setiap hari. Dapat di simpulkan bahwa keterlibatan pengasuhan ayah sebagai orang tua tunggal terhadap anak perempuannya adalah terlibat langsung dalam semua kebutuhan. Kata kunci: orang tua tunggal, keterlibatan pengasuhan, komunikasi antarpribadi

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: single parent, parenting involvement, interpersonal communication
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: DENNY ASTUTI
Date Deposited: 16 Aug 2016 03:32
Last Modified: 16 Aug 2016 03:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/46187

Actions (login required)

View Item View Item