PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA KELAS II IBTIDAIYAH SONGSEMSATH SCHOOL DI TO’BANDAR PATTANI THAILAND SELATAN PADA TAHUN 2006-2007

Seumaeng, Hasim (2008) PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA KELAS II IBTIDAIYAH SONGSEMSATH SCHOOL DI TO’BANDAR PATTANI THAILAND SELATAN PADA TAHUN 2006-2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
G000040047.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Proses belajar mengajar pada dasarnya merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan siswa serta guru dengan menggunakan fasilitas dan sarana yang ada untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam kurikulum. Dalam proses pembelajaran, guru merupakan komponen pendidikan unsur manusia sekaligus berdasarkan perkembangan kurikulum baru, guru dituntut sebagai fasilitator yaitu guru bertugas untuk memberikan kemudahan-kemudahan bagi siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Guru diharapkan mampu berperan sebagai pembimbing dan mampu mengusahakan serta menggunakan fasilitas sesuai dengan kebutuhan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengentahui bagaimana peran guru sebagai fasilitator dalam kegiatan belajar mengajar dalam bidang studi pendidikan Agama Islam bagi siswa kelas II Ibtidaiyah Songsemsath School To’bandar Pattani Thailand Selatan Pada Tahun 2006-2007. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan dan menyumbangkan pikiran dalam proses belajar mengajar, dapat memberi gambaran tentang peran guru terhadap calon guru khususnya guru bidang studi pendidikan agama Islam, serta dapat memberikan dasar landasan bagi peneliti lebih lanjut. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas II Ibtidaiyah yang berjumlah 142 orang sedangkan sampel yang di ambil adalah 45% dari jumlah populasi yaitu 142 x 45% = 64 responden, dan sampel yang diambil dari guru adalah 10 orang dari jumlah keseluruhan 29 orang. Dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan, sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif, meliputi mengumpulkan data digunakan teknik observasi guru dan obsevasi kelas, wawancara dengan guru, dokumentasi, dan angket siswa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian metode analisis kualitatif yaitu setelah data terkumpul maka dilakukan pengolahan data melalui tabel presentasi, kemudian dianalisis dengan teknik pemikiran baik secara deduktif maupun induktif. Dari hasil penelitian diperoleh kenyataan bahwa guru bidang studi Pendidikan Agama Islam di Songsemsath School dapat dinyatakan belum sepenuhnya melaksanakan perannya sebagai fasilitator dalam kegiatan belajar mengajar, hal ini ditunjukkan dengan kurang maksimal dalam memberdayakan sumber belajar dan kurang membantu terjadinya pengalaman belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kegiatan belajar mengajar, peran guru, fasilitator
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Sep 2008 03:23
Last Modified: 24 Feb 2011 08:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/461

Actions (login required)

View Item View Item