KESIAPAN SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) (Studi Kasus SDN Dukuhan Kerten Surakarta Tahun Ajaran 2006/2007)

Danuretno, Nuraini (2008) KESIAPAN SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) (Studi Kasus SDN Dukuhan Kerten Surakarta Tahun Ajaran 2006/2007). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
G000010030.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)

Abstract

Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), KTSP sendiri adalah pengembangan dari Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Apabila sekolah tersebut sudah menerapkan KBK maka akan lebih mudah dalam melaksanakan KTSP, permasalahan akan timbul apabila sekolah yang bersangkutan belum menerapkan KBK. Pada KTSP memberikan keleluasaan kepada para pelaksana sekolah untuk mengoptimalkan seluruh potensi yang dimiliki dengan memberikan kebutuhan dan kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Sebagai suatu kurikulum yang mengacu pada standar isi dan standar kompetensi, lulusan dan sekolah menindaklanjuti melalui seperangkat rencana pelaksanaan pendidikan untuk diterapkan di masing-masing sekolah. SDN Dukuhan Kerten Surakarta sudah melaksanakan KTSP walaupun belum maksimal dikarenakan kurikulum ini masih baru dan para guru dibuat sibuk dengan kurikulum ini. Kurikulum ini yang harus membuat guru sendiri, guru pun harus sekolah lagi, menerima penataran dari kepala sekolah maupun dinas. Guru pun juga harus mengajar. Disamping itu guru harus memahami arah KTSP itu sendiri, karena sekarang ini untuk masing-masing sekolah berbeda-beda apa-apa saja yang perlu dipersiapkan dalam pelaksanaan KTSP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana SDN Dukuhan Kerten Surakarta bila ditinjau dari komponen-komponen yang harus dipersiapkan dalam pelaksanaan KTSP. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subyek penelitian adalah kesiapan SDN Dukuhan Kerten Surakarta. Selain itu dapat mengembangkan hasil penelitian bagi SDN Dukuhan Kerten Surakarta agar lebih baik dalam melaksanakan KTSP. Pendekatan penelitian dengan menggunakan penelitian lapangan. Cara kerja penelitian ini adalah dengan melihat, mengamati proses disekolah. Sumber data diperoleh dari personel obyek penelitian yang kompeten yakni kepala sekolah, guru dan karyawan SDN Dukuhan Kerten Surakarta. Metode pengumpulan data yang dipergunakan dengan wawancara, observasi dan dokumen tasi. Sedang alur penelitian menggunakan alur interaksionis yaitu pengumpulan data, reduksi data, pengambilan kesimpulan dan diakhiri verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pelaksanaan KTSP di SDN Dukuhan Kerten Surakarta meliputi; kurikulum dan program pengajaran, tenaga kependidikan, siswa, keuangan dan pembiayaan, sarana dan prasarana, stakeholder dan layanan khusus. Kesiapan SDN Dukuhan Kerten Surakarta dalam melaksanakan kurikulum dan program pengajaran terlaksana dengan baik, siswa, keuangan dan biaya pendidikan dibantu oleh Badan Operasional Siswa (BOS), stakeholder dan layanan khusus berjalan sesuai rencana. Ketidaksiapan SDN Dukuhan Kerten Surakarta dalam pelaksanaan KTSP disebabkan karena tenaga kependidikan masih kurang memahami pelaksanaan KTSP, sebaiknya diadakan pengarahan-pengarahan mengenai KTSP, sarana dan prasarana kurang memadai dan rusak, untuk itu perlu diadakannya perbaikan terhadap sarana dan prasarana sekolah tersebut.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK G000-061
Uncontrolled Keywords: Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), sarana dan prasarana
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Sep 2008 03:15
Last Modified: 17 Nov 2010 12:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/460

Actions (login required)

View Item View Item