PENGARUH BIAYA PENGEMASAN DAN BIAYA PROMOSI PENJUALAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN COKLAT DALAM PERAYAAN HARI KASIH SAYANG DI AN’S COLLECTION DELANGGU

Purwanti., Purwanti. (2009) PENGARUH BIAYA PENGEMASAN DAN BIAYA PROMOSI PENJUALAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN COKLAT DALAM PERAYAAN HARI KASIH SAYANG DI AN’S COLLECTION DELANGGU. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210050018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img]
Preview
PDF
A210050018.pdf

Download (27kB)

Abstract

PENGARUH BIAYA PENGEMASAN DAN BIAYA PROMOSI PENJUALAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN COKLAT DALAM PERAYAAN HARI KASIH SAYANG DI AN’S COLLECTION DELANGGU Purwanti. A 210 050 018. Jurusan Pendidikan Akuntansi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2009. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh biaya pengemasan terhadap volume penjualan; 2) pengaruh biaya promosi penjualan terhadap volume penjualan; 3) pengaruh biaya pengemasan dan biaya promosi penjualan terhadap volume penjualan. Penelitian ini mengambil lokasi di An’s Collection di Delanggu Klaten. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh produk yang dikemas oleh An’s Collection dari tahun berdiri hingga sekarang. Sampel yang diambil adalah 5 t ahun yaitu tahun 2005 – 2009 dengan mengambil data bulan Februari. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proporsional Strattified Random Sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R 2 , dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Hasil uji t menunjukkan terdapat pengaruh biaya pengemasan secara individual terhadap volume penjualan An’s Collection Delanggu pada periode tahun 2005-2009. Hal ini terbukti dari hasil analisis data yang mendapatkan t hitung variabel biaya pengemasan sebesar 7,450 lebih besar dari t tabel (3,182) pada taraf signifikansi 5%. (2) Hasil uji t menunjukkan terdapat pengaruh biaya promosi secara individual terhadap volume penjualan An’s Collection Delanggu pada periode tahun 2005-2009. Hal ini terbukti dari hasil analisis data yang mendapatkan t hitung variabel biaya promosi sebesar 8,084 lebih besar dari t tabel (3,182) pada taraf signifikansi 5%. (3) Hasil uji F menunjukkan terdapat pengaruh biaya pengemasan dan biaya promosi bersama-sama terhadap volume penjualan An’s Collection Delanggu pada periode tahun 2005-2009. Hal ini terbukti dari hasil analisis data yang mendapatkan Fhitung sebesar 872,218 lebih besar dari Ftabel = 19,0 pada taraf signifikansi 5%. Adapun persamaan regresi yang diperoleh adalah: Y = 93,991 + 1,110.X1 + 1,241.X2. Persamaan menunjukkan bahwa semakin tinggi biaya pengemasan dan biaya promosi, maka semakin tinggi pula volume penjualan yang diraih perusahaan. (4) Hasil perhitungan sumbangan relatif dan efektif menunjukkan bahwa biaya pengemasan memberikan sumbangan efektif sebesar 45,6%, sedangkan variabel biaya promosi memberikan sumbangan efektif sebesar 48,1% terhadap volume penjualan. Jadi biaya promosi memberikan sumbangan lebih besar (berpengaruh dominan) terhadap volume penjualan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: biaya pengemasan, biaya promosi penjualan, volume penjualan
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 12 Nov 2009 08:30
Last Modified: 16 Nov 2010 03:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4585

Actions (login required)

View Item View Item