MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP AL -ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2007/200

Hidayati, Nur (2008) MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP AL -ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2007/200. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
G000040037.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi telah membawa manusia pada persaingan yang ketat, oleh karenanya agar bisa bersaing salah satu cara yang harus segera dilakukan adalah dengan melakukan peningkatan terhadap kualitas SDM (Sumber Daya Manusia). Sehubungan dengan hal ini maka pendidikan memegang peranan sangat penting, dan sekolah merupakan wadah yang berhubungan langsung dengan proses peningkatan kualiats SDM tersebut. Oleh sebab itu secara otomatis kualitas sekolah juga harus segera ditingkatkan. Terkait dengan sekolah maka kepala sekolah merupakan orang yang paling berperan didalamnya. Untuk bisa mewujudkan pendidikan yang benar-benar bermutu bukanlah suatu pekerjaan yang mudah, oleh karenanya dibutuhkan sosok kepala sekolah yang benar -benar berkompeten dan profesional dalam pendidikan serta berkualitas dalam penampilan. Dalam konteks ini, penulis melakukan penelitian di SMP Al-Islam 1 Surakarta. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah SMP Al-Islam 1 Surakarta dalam meningkatkan mutu pendidikan, faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen kepemimpinan Kepala Sekolah tersebut ?. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui manajemen kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan serta faktor pendukung dan penghambat di SMP Al-Islam 1 Surakarta. Sedangkan manfaatnya, dapat dijadikan rujukan apabila nantinya penulis berkecimpung di dunia pendidikan khususnya kepemimpinan dan menjadi bahan masukan apabila sekiranya dalam penelitian ini ditemukan kekurangan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif sebagai metode utama, dan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opprotunity, Threath ) sebagai metode tambahan. Berdasarkan data yang diperoleh kemudian dilakukan analisis, selanjutnya dapat disimpulkan bahwa unsur-unsur yang mendukung manajemen kepemimpinan Kepala Sekolah di SMP Al-Islam 1 Surakarta yaitu: manajemen kurikulum, personalia, kesiswaan, keuangan, sarana dan prasarana, supervisi pendidikan, serta hubungan sekolah dengan masyarakat. Penanggulangan terhadap hambatan-hambatan yang ada di SMP Al-Islam 1 Surakarta yaitu dengan cara merencanakan kembali program kegiatan yang belum ada dan mengevaluasi program kegiatan yang mengalami restrukturisasi sistem manajerial yang masih memerlukan perbaikan sehingga pola manajemen kepemimpinan Kepala Sekolah di SMP Al-Islam 1 Surakarta mengalami peningkatan dan kemajuan di segala bidang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SDM (Sumber Daya Manusia), Kepemimpinan Kepala Sekolah, mutu pendidikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Sep 2008 02:59
Last Modified: 24 Feb 2011 08:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/458

Actions (login required)

View Item View Item