PENGARUH PARTISIPASI SISWA DALAM PENGGUNAAN RAGAM STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 DELANGGU TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Indrawati, Suci (2008) PENGARUH PARTISIPASI SISWA DALAM PENGGUNAAN RAGAM STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 DELANGGU TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A220050034.pdf

Download (47kB)
[img] PDF
A220050034.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh partisipasi siswa dalam penggunaan ragam strategi pembelajaran kontekstual dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PKn bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Delanggu tahun pelajaran 2008/2009. Dalam penelitian ini populasinya sebanyak 196 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Delanggu tahun pelajaran 2008/2009. Dari jumlah tersebut yang dijadikan sampel sebanyak 40 orang siswa yang diambil dengan menerapkan teknik pengambilan sampel kombinasi (Combined Sampling), yaitu Quota Purposive Area Proportional Random Sampling” dengan cara undian. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pokok angket dan dokumentasi, sedangkan observasi dan wawancara sebagai metode bantu. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data partisipasi siswa dalam penggunaan ragam strategi pembelajaran kontekstual dan motivasi belajar sedangkan metode dokumentasi untuk mengumpulkan data prestasi belajar PKn. Di samping itu digunakan pula metode bantu berupa observasi dan wawancara untuk mengkonfirmasikan data yang telah terkumpul melalui angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan model analisis regresi dua prediktor dengan rumus: F reg = ( ) 2 2 R - 1 m 1) - m - (N R Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh Freg sebesar =30,187, setelah dikonsultasikan dengan Ftabel dengan db m lawan N-m-1 atau 2 lawan 37 pada taraf signifikansi 5% telah ditentukan besarnya Ftabel = 3,23 dan pada taraf signifikansi 1% ditentukan besarnya Ftabel = 5,18. Dengan demikian hasil analisis Freg itu berada di atas nilai Ftabel untuk taraf signifikansi 5% yaitu bahwa 30,187> 3,23 atau 30,187 > 5,18 pada taraf signifikansi 1%, sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari partisipasi siswa dalam penggunaan ragam strategi pembelajaran kontekstual dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PKn bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Delanggu tahun pelajaran 2008/2009 terbukti dan dapat diterima kebenarannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi siswa dalam penggunaan ragam strategi pembelajaran kontekstual terbukti memberikan sumbangan relatif (SR%X1) sebesar 55%, sedangkan motivasi belajar memberikan sumbangan relatif (SR%X2) sebesar 45% terhadap prestasi belajar PKn siswa. Selain itu, hasil analisis data juga menunjukkan bahwa partisipasi siswa dalam penggunaan ragam strategi pembelajaran kontekstual terbukti dapat memberikan sumbangan efektif (SE%X1) sebesar 34,1%, sedangkan motivasi belajar memberikan sumbangan efektif (SE%X2) sebesar 27,9% terhadap prestasi belajar PKn siswa. Dalam hal ini nampak bahwa variabel partisipasi siswa dalam penggunaan ragam strategi pembelajaran kontekstual memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar PKn siswa dibandingkan variabel motivasi belajar. Hasil penelitian ini ternyata menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari partisipasi siswa dalam penggunaan ragam strategi pembelajaran kontekstual dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PKn siswa yang bersangkutan. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa semakin tinggi tingkat partisipasi siswa dalam ragam strategi pembelajaran kontekstual serta semakin tingginya motivasi belajar siswa, maka akan menyebabkan semakin tinggi pula kecenderungan siswa tersebut memiliki prestasi belajar PKn yang tinggi, demikian pula sebaliknya. Dengan demikian partisipasi siswa dalam penggunaan ragam strategi pembelajaran kontekstual dan motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang ikut mempengaruhi prestasi belajar PKn siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kontekstual, motivasi belajar terhadap prestasi belajar PKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Nov 2009 07:34
Last Modified: 24 Oct 2011 05:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4573

Actions (login required)

View Item View Item