PENDEKATAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (Study Kasus pada MI Muhammadiyah Program Khusus Kenteng Nogosari Boyolali Tahun Pelajaran 2007/2008)

Aminudin, Muhammad (2008) PENDEKATAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (Study Kasus pada MI Muhammadiyah Program Khusus Kenteng Nogosari Boyolali Tahun Pelajaran 2007/2008). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
G000050128.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)

Abstract

Manajemen Berbasis Sekolah adalah manajemen yang memberikan otonomi kepada sekolah untuk mengolah semua sumber daya yang di miliki secara partisipatif dengan melibatkan langsung semua warga sekolah untuk meningkatkan mutu sekolah berdasarkan kebijakan pendidikan nasional. MIM PK Kenteng Nogosari Boyolali adalah salah satu lembaga pendidikan setingkat sekolah dasar yang saat ini berusaha menjadi pioner di antara sekolah-sekolah lain di Nogosari Boyolali.Di antara usaha yang di laksanakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah mengubah performa pembelajaranya dari standar menjadi full day scholl, hal ini didasari dari partisipasi masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas alumnusnya. Dari latar belakang tersebut, penulis tertarik untuk meneliti lembaga ini dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen yang di terapkan ,sudah sesuaikah dengan konsep manajemen berbasis sekolah serta adakah faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan manajerialnya. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan, adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan diskriptif kualitatif, dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi,dalam menganalisis data penulis menggunakan metode diskriptif komparatif yaitu membuat generalisasi berdasar fakta dan peristiwa selanjutnya hasil dari analisis di bandingkan dengan konsep ilmiyah yang menjadi standar pendekatan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah bahwasanya MIM PK Kenteng Nogosari Boyolali adalah lembaga pendidikan setingkat sekolah dasar yang berpola pembelajaran full day scholl dengan banyak menambah mata pelajaran islami, lembaga tersebut juga telah memiliki pola manajerial yang baik dan sesuai dengan konsep manajemen berbasis sekolah, hal ini di buktikan dengan adanya kelengkapan komponen-komponen manajemenya, dan juga konsep kepemimpinan yang terbuka dan demokratis karena lembaga ini berdiri dan berjalan atas partisipasi dan dukungan masyarakat. Hal ini terbukti dengan banyaknya animo masyarakat untuk memasukkan putra-putrinya agar menjadi siswa di lembaga tersebut, akibatnya jumlah siswa saat ini menjadi semakin membludak. Meskipun demikian dalam pelaksanaan manajerialnya terdapat beberapa kekurangan yang harus di perbaiki di antaranya adalah dalam manajemen Keuangan dan Humas, hal ini terkait dengan sumbangan SPP dan dana pengembangan yang terlalu tinggi, akibatnya masyarakat menengah yang juga ingin menikmati kelebihankelebihan lembaga tersebut menjadi sangat keberatan. Penyelesaian mengenai masalah ini adalah dengan memberikan perbedaan interval dalam pemberian sumbangan SPP dan dana pengembangan kepada orang tua/wali siswa, dalam hal ini hendaknya antara bagian Humas dan Keuangan mengadakan rapat secara kekeluargaan dan mengedepankan nilai-nilai sosial islami dengan menghasilkan mufakat yang adil dan memihak pada masyarakat menengah, untuk selanjutnya disosialisasikan secara transparan kepada semua elemen sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Berbasis Sekola, otonomi kepada, full day scholl
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Sep 2008 02:43
Last Modified: 24 Feb 2011 08:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/457

Actions (login required)

View Item View Item