PENGARUH PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN PEMENUHAN FASILITAS BELAJAR SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI SISWA KELAS XI SMA WARGA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009

LESTARI, ANIS (2008) PENGARUH PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN PEMENUHAN FASILITAS BELAJAR SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI SISWA KELAS XI SMA WARGA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A220050031.pdf

Download (71kB)
[img] PDF
A220050031.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh partisipasi siswa dalam pembelajaran kontekstual dan pemenuhan fasilitas belajar sekolah terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran pendidikan Kewarganegaraan bagi siswa kelas XI SMA WARGA Surakarta Tahun Pelajaran 2008/2009. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI SMA WARGA Surakarta tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 178 siswa dan sampel penelitian 40 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket untuk data mengenai partisipasi siswa dalam pembelajaran kontekstual, pemenuhan fasilitas belajar sekolah, dan motivasi belajar siswa. Dalam penelitian ini data yang terkumpul kemudian dianalisis regresi dua prediktor, dengan rumus: Freg = Hasil perhitungan regresi memperoleh harga Freg = 8,562, dikonsultasikan dengan Ftabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (2;37) adalah sebesar 3,25 dan pada taraf signifikansi 1% = 5,21, hasilnya Fhitung > Ftabel = 8,562 > 3,25 atau 8,562 > 5,21, sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh partisipasi siswa dalam pembelajaran kontekstual dan pemenuhan fasilitas belajar sekolah terhadap motivasi belajar dinyatakan dapat diterima. Variabel partisipasi siswa dalam pembelajaran kontekstual memberikan sumbangan relatif sebesar 42,53% dan sumbangan efektif 13,46%. Variabel pemenuhan fasilitas belajar sekolah memberikan sumbangan relatif sebesar 57,47% dan sumbangan efektif 18,18%. Sehingga nampak bahwa variabel pemenuhan fasilitas belajar sekolah memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan siswa dibandingkan variabel partisipasi siswa dalam pembelajaran kontekstual. Dengan demikian jika pemenuhan fasilitas sekolah semakin baik maka dapat dipastikan adanya peningkatan motivasi belajar pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan bagi siswa yang bersangkutan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari partisipasi siswa dalam pembelajaran kontekstual dan pemenuhan fasilitas belajar sekolah terhadap motivasi belajar PPKn, sehingga semakin baik partisipasi siswa dalam pembelajaran kontekstual dan semakin baik pemenuhan fasilitas belajar sekolah, maka akan semakin tinggi pula motivasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kontekstua, fasilitas belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Nov 2009 08:58
Last Modified: 16 Nov 2010 03:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4563

Actions (login required)

View Item View Item