PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA DAN BERPENDAPAT MENGENAI MATERI PELAJARAN HUKUM INTERNASIONAL PADA SISWA KELAS XI IPA (3) SMA N 7 SURAKARTA TAHUN 2009

SUPRIYANTO, SUPRIYANTO (2008) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA DAN BERPENDAPAT MENGENAI MATERI PELAJARAN HUKUM INTERNASIONAL PADA SISWA KELAS XI IPA (3) SMA N 7 SURAKARTA TAHUN 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A220050028.pdf

Download (134kB)
[img] PDF
A220050028.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bertanya siswa pada materi Hukum Internasional, meningkatkan kemampuan berpendapat siswa pada materi Hukum Internasional, dan modifikasi metode Jigsaw dengan metode yang lain. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IPA (3) yang berjumlah 41 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui Informan atau nara sumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran dan dokumen atau arsip. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode pokok berupa catatan lapangan. Metode bantu berupa metode dokumentasi, dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat keaktifan siswa dalam bertanya dan berpendapat pada materi hukum internasional di kelas XI IPA (3) SMA N 7 Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009, yaitu sebanyak 18 (43,90%) siswa. Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan menerapkan metode Jigsaw pada pemebelajaran diperoleh hasil yaitu siklus I meningkat menjadi 24 (58,5%) siswa. Setelah dilakukan tindakan yang direvisi pada siklus II diperoleh hasil untuk jumlah siswa yang aktif bertanya dan berpendapat meningkat menjadi 34 (82,92%) siswa. Secara keseluruhan dari kondisi awal, putaran I dan putaran II mengalami peningkatan sebesar 39, 02%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kolaborasi, Siklus, Tindakan Kelas dan Refleksi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Nov 2009 08:53
Last Modified: 24 Oct 2011 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4562

Actions (login required)

View Item View Item