PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI SISWA KELAS X SMK SULTAN AGUNG TIRTOMOYO WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2008/2009

SURYANI, IKA (2008) PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI SISWA KELAS X SMK SULTAN AGUNG TIRTOMOYO WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A220050022.pdf

Download (60kB)
[img] PDF
A220050022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PKn bagi siswa kelas X SMK Sultan Agung Tirtomoyo Wonogiri tahun pelajaran 2008/2009. Permasalahan yang muncul adalah apakah ada hubungan yang signifikan antara keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PKn bagi siswa kelas X SMK Sultan Agung Wonogiri tahun pelajaran 2008/2009. Dalam penelitian ini populasinya sebanyak 145 orang siswa mencakup empat kelas. Dari jumlah tersebut yang dijadikan sampel sebanyak 40 siswa yang diambil dengan menerapkan teknik pengambilan sampel kombinasi (Combined Sampling), yaitu “Quota Purposive Area Proportional Random Sampling” dengan cara undian. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi yang merupakan metode pokok sedangkan observasi dan wawancara sebagai metode bantu. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data mengenai keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan motivasi belajar dan dokumentasi untuk memperoleh data prestasi belajar PKn. Di samping itu, digunakan pula metode bantu berupa observasi dan wawancara untuk mengkonfirmasikan data yang telah terkumpul melalui angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan model analisis regresi dua prediktor dengan rumus: F reg = Diperoleh Freg sebesar = 27,461, setelah dikonsultasikan dengan Ftabel dengan db melawan N-m-1 atau 2 lawan 37 pada taraf signifikansi 5% telah ditentukan besarnya Ftabel = 3,23 dan pada taraf signifikansi 1% ditentukan besarnya Ftabel = 5,18. Dengan demikian hasil analisis Freg itu berada di atas nilai Ftabel untuk taraf signifikansi 5% yaitu bahwa 27,461 > 3,23 atau 27,461 > 5,18 pada taraf signifikansi 1%, sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PKn bagi siswa kelas X SMK Sultan Agung Tirtomoyo Tahun Pelajaran 2008/2009 terbukti dan dapat diterima kebenarannya. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PKn bagi siswa kelas X SMK Sultan Agung Tirtomoyo Wonogiri tahun pelajaran 2008/2009. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan siswa dalam proses pembelajaran terbukti memberikan sumbangan relatif sebesar 44,9%, sedangkan motivasi belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 55,1% terhadap prestasi belajar PKn siswa. Selanjutnya, hasil analisis data menunjukkan pula bahwa keaktifan siswa dalam proses pembelajaran terbukti memberikan sumbangan efektif sebesar 26,8%, sedangkan motivasi belajar PKn memberikan sumbangan efektif sebesar 32,9% terhadap prestasi belajar PKn siswa. Dalam hal ini nampak bahwa variabel motivasi belajar memiliki pengaruh lebih dominan terhadap prestasi belajar siswa dibandingkan variabel keaktifan siswa dam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif yang signifikan dari keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PKn bagi siswa yang bersangkutan. Semakin tinggi tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran serta semakin tingginya motivasi belajar siswa dalam pelajaran PKn, maka akan menyebabkan semakin tinggi pula kecenderungan siswa tersebut memiliki prestasi belajar PKn yang tinggi, demikian pula sebaliknya. Artinya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan motivasi belajar PKn merupakan faktor-faktor yang ikut mempengaruhi prestasi belajar PKn bagi siswa yang bersangkutan. Oleh karena itu, perlu diupayakan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar serta peningkatan motivasi belajar pada diri siswa. Keaktifan yang tinggi dalam proses pembelajaran dan motivasi belajar yang tinggi diharapkan akan semakin mendorong siswa untuk memiliki prestasi belajar PKn yang tinggi pula.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, prestasi belajar PKn, motivasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Nov 2009 08:29
Last Modified: 24 Oct 2011 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4560

Actions (login required)

View Item View Item