PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Nurbaitik, Titik (2008) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410_030198.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh disiplin belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini dilakukan di MTs Al Muslimun Kawistolegi Karanggeneng Lamongan Jawa Timur. Populasi penelitian ini siswa kelas VII MTs Al Muslimun Lamongan. Pengambilan sampel dengan menggunakan Random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda yang sebelumnya dilakukan uji Normalitas dan uji linieritas. Dari hasil penelitian dengan α = 5% dapat dismpulkan (1) disiplin belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika, dengan koefisien regresi sebesar 0.551, didukung nilai thitung sebesar 2.715. (2) kemandirian belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika adalah terbukti, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,485 didukung nilai thitung sebesar 2.641. (3) disiplin belajar dan kemandirian belajar secara bersama berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika, ditunjukkan nilai Fhitung sebesar 3.42.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: disiplin - belajar, kemandirian - belajar, prestasi - belajar.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 13 Sep 2008 03:46
Last Modified: 17 Nov 2010 12:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/455

Actions (login required)

View Item View Item