PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment dan Satisfaction) (PTK di Kelas IV Semester II SD Negeri Serengan II Surakarta Tahun Ajaran 2008/ 2009)

Agustina, Dewi (2009) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment dan Satisfaction) (PTK di Kelas IV Semester II SD Negeri Serengan II Surakarta Tahun Ajaran 2008/ 2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050029.pdf

Download (101kB)
[img] PDF
A410050029.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (882kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk menganalisis dan mendiskripsikan keaktifan belajar siswa yang meliputi: aktif memperhatikan penjelasan guru di kelas, menjawab pertanyaan, bertanya, mengerjakan latihan soal dan mengerjakan soal di depan kelas melalui model pembelajaran ARIAS. Kedua, untuk menganalisis dan mendiskripsikan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan kubus dan balok selama proses pembelajaran dengan model pembelajaran ARIAS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Serengan II Surakarta tahun ajaran 2008/ 2009 yang berjumlah 35 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Pada penelitian ini analisa data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah pertama, pembelajaran matematika dengan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas secara berarti. Siswa yang aktif memperhatikan penjelasan guru di kelas sebelum tindakan 42,9 % menjadi 82,4 % setelah tindakan, aktif menjawab pertanyaan yang diberikan guru sebelum tindakan 34,3 % menjadi 61,8 % setelah tindakan, aktif bertanya jika menemui kesulitan dalam memahami penjelasan guru sebelum tindakan 22,9 % menjadi 64,7 % setelah tindakan, aktif mengerjakan soal yang diberikan guru sebelum tindakan 51,4 % menjadi 85,3 % setelah tindakan dan aktif mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 28,6_% menjadi 67,7 % setelah tindakan. Kedua, prestasi belajar siswa sebelum tindakan rata-rata kelas 64,74 menjadi 80,59 setelah tindakan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut model pembelajaran ARIAS dapat digunakan guru sebagai dasar pelaksanaan kegiatan pembelajaran dalam peningkatan keaktifan belajar siswa yang berakibat pada peningkatan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan kubus dan balok.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, prestasi, ARIAS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 06 Nov 2009 08:51
Last Modified: 02 Jan 2012 10:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4542

Actions (login required)

View Item View Item