PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TUTOR SEBAYA (PTK di SD Negeri Jombor 1 Pada Pokok Bahasan Pecahan Kelas V Tahun 2008/2009)

NUROHMAH, APRIH (2009) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TUTOR SEBAYA (PTK di SD Negeri Jombor 1 Pada Pokok Bahasan Pecahan Kelas V Tahun 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050024.pdf

Download (95kB)
[img] PDF
A410050024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematika dan prestasi siswa dalam belajar matematika melalui pembelajaran kooperatif tutor sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas sebagai pelaku tindakan dan kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VB SD Negeri Jombor 1 Sukoharjo yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah pertama, pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika di kelas. Keaktifan dalam bertanya meningkat dari 19,2% menjadi 65,4%, aktif mengerjakan soal-soal yang diberikan guru/mengerjakan soal ke depan kelas meningkat dari 19,2% menjadi 76,9%, memberikan tanggapan tentang jawaban siswa lain meningkat dari 11,5% menjadi 57,6%. Kedua, dapat meningkatkan prestasi belajar yang ditunjukkan dengan nilai hasil kemampuan dalam mengerjakan soal latihan yang mendapat nilai 70 ke atas meningkat dari 30,8% menjadi 76,9%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Pembelajaran, Tutor Sebaya.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 06 Nov 2009 08:30
Last Modified: 16 Nov 2010 04:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4538

Actions (login required)

View Item View Item