PENINGKATAN KETRAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING ( Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VIII SMP Negeri 12 Surakarta

GALUH S.A.P.T, SEKAR (2009) PENINGKATAN KETRAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING ( Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VIII SMP Negeri 12 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050011.pdf

Download (58kB)
[img] PDF
A410050011.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (974kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan berkomunikasi dan berpikir kritis siswa dalam belajar matematika dengan metode Mind Mapping. Subyek penerima tindakan dalam penelitian adalah siswa kelas VIIIC SMP Negeri 12 Surakarta yang berjumlah 40 siswa. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, catatan lapangan, dokumentasi, metode tes. Data dianalisis secara deskriptif model alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi siswa mengalami peningkatan yaitu peningkatan kemampuan siswa dalam merepresentasikan sebelum tindakan hanya 21,6% setelah tindakan meningkat menjadi 70%. Siswa yang mampu merekonstruksikan sebelum tindakan hanya 8,1%, setelah tindakan meningkat menjadi 67,5%. Siswa yang mampu bekerjasama sebelum tindakan hanya 13,5%, setelah tindakan meningkat menjadi 75%. Kemampuan berpikir kritis juga meningkat yaitu peningkatan keaktifan bertanya sebelum tindakan hanya 5,4%, setelah tindakan meningkat menjadi 50%. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah soal matematika yang meliputi memahami soal sebelum tindakan hanya 27%, setelah tindakan meningkat menjadi 87,5%, memilih pendekatan sebelum tindakan hanya 24,3%, setelah tindakan meningkat menjadi 85%, menyelesaikan pendekatan sebelum tindakan hanya 32,4%, setelah tindakan meningkat menjadi 90%, menafsirkan solusi sebelum tindakan hanya 18,9%, setelah tindakan meningkat menjadi 70%. Peningkatan hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya 24,3%, setelah tindakan meningkat menjadi 87,5%. Kesimpulan penelitian ini metode Mind Mapping dapat meningkatkan ketrampilan berkomunikasi dan berpikir kritis siswa dalam belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan Berkomunikasi, Berpikir Kritis, Pembelajaran Matematika, Mind Mapping.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 06 Nov 2009 08:03
Last Modified: 02 Jan 2012 09:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4533

Actions (login required)

View Item View Item