UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP GEOMETRI RUANG SISWA MELALUI PEMANFAATAN ALAT PERAGA BENDA RUANG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

SUSELO, SUSELO (2009) UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP GEOMETRI RUANG SISWA MELALUI PEMANFAATAN ALAT PERAGA BENDA RUANG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050001.pdf

Download (86kB)
[img] PDF
A410050001.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar dan penguasaan konsep siswa kelas V SDN Malangjiwan 1 Colomadu tentang geometri rauang jika dimanfaatkan alat peraga dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Malangjiwan 1 Colomadu yang berjumlah 51 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara diskriptif kualitatif. Analaisis diskriptif kualitatif dilaksanakan dengan melalui alur. Data dianalisisis sejak tindakan pembelajaran, setiap tindakan selama tiga putaran. Hasil penelitian adalah terjadinya peningkatan minat dan penguasaan konsep siswa tentang geometri ruang. Peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika dapat dilihat dari adanya peningkatan : (1) minat siswa dalam mengerjakan soal kedepan kelas sebelum adanya tindakan (9,8%), pada putaran I meningkat menjadi (9.8%),pada putaran II (21.5%),dan pada putaran III meningkat menjadi (29.4%). (2)memberikan tanggapan tentang penjelasan guru, sebelum adanya tindakan (13.7%), putaran I (19.6%), putaran II (19.6%) dan putaran III(39.2%). (3) memberi tanggapan terhadap pendapat siswa lain, sebelum adanya tindakan (5.88%), putaran I (9.8), putaran II(15.6), dan putaran III(25.4%), (4) mencari alternative jawaban dari sebuah soal, sebelum adanya tindakan(13.7%), putaran I (21.5%), putaran II (23.5%),Putaran III (27.4%). Peningkatan penguasaan konsep geometri ruang siswa dapat dilihat dari adanya peningkatan kemampuan dalam beberapa hal yaitu : (1) mendeskripsikan ulang tentang sebuah konsep bangun ruang, sebelum adanya tindakan (11.7%), putaran I (17.6%), putaran II (21.5%), dan putaran III (31.3%). (2) membedakan contoh dan noncontoh dari bangun ruang. Sebelum adanya tindakan (29.4%),putaran I (35.2%),putaran II (41.1%), putaran III (39.01%) .(3) mengklasifikasikan unsurunsur bangun ruang . sebelum adanya tindakan (21.5%), putaran I (31.3%), putaran II (33.3%), dan pada putaran III (41.1%). Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu dengan pemanfaatan alat peraga benda ruang dalam pembelajaran matematika maka minat dan penguasaan konsep siswa dapat ditingkatkan. Hal ini ditandai dengan adanya peningkatan aspek-aspek pokok dari peningkatan minat dan penguasaan konsep dari sebelum adanya penelitian hingga berlangsungnya penelitian putaran III.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Alat peraga benda ruang, minat, penguasaan konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 06 Nov 2009 07:42
Last Modified: 16 Nov 2010 04:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4529

Actions (login required)

View Item View Item