UPAYA PENINGKATAN RESPON DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)

SETYOWATI, MAHARANI (2009) UPAYA PENINGKATAN RESPON DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410040211.pdf

Download (55kB)
[img] PDF
A410040211.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (830kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) meningkatkan respon siswa pada pembelajaran matematika melalui pendekatan kooperatif tipe TPS,(2) meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui pendekatan kooperatif tipe TPS (3) memberikan pedoman pada guru untuk memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran matematika. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas 7 C SMP Negeri 1 Tirtomoyo yang berjumlah 34 siswa, subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan subjek yang membantu pelaksanaan adalah guru matematika dan Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan metode observasi, catatan lapangan, review, dan dokumentasi. Pada penelitian tindakan kelas ini, analisis data yang dilakukan secara deskriptif kualitatif. Deskriptif kualitatif dilakukan dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian terjadi adanya peningkatan respon yang meliputi (1) persiapan siswa mengikuti pelajaran pada akhir putaran mencapai 82.35 %, (2) perhatian siswa terhadap pembelajaran guru pada akhir putaran mencapai 70.59 %, (3) aktivitas siswa mengerjakan PR pada akhir putaran mencapai 91.18 %, (4) aktivitas bertanya/menyampaikan pendapat terhadap materi yang diterima pada akhir putaran mencapai 35.29 %, (5) kemampuan siswa mengerjakan soal pada akhir putaran mencapai 70.59%.Adanya peningkatan minat yang meliputi (1) kesadaran siswa terhadap pembelajaran matematika pada akhir putaran 88.24%,(2) kemauan siswa terhadap pembelajaran matematika pada akhir putaran 70.59%,(3) perhatian siswa terhadap pembelajaran matematika pada akhir putaran 73.53%,(4) perasaan senang siswa terhadap pembelajaran matematika pada akhir putaran 70.59%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pendekatan kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan respon dan minat belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Respon,minat, TPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 06 Nov 2009 07:36
Last Modified: 16 Nov 2010 04:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4528

Actions (login required)

View Item View Item