PENGARUH PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 1 MIRI SRAGEN DITINJAU DARI MINAT BELAJAR

YULIANTO, ARIFIN DWI (2009) PENGARUH PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 1 MIRI SRAGEN DITINJAU DARI MINAT BELAJAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410040038.pdf

Download (141kB)
[img] PDF
A410040038.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui pengaruh metode pengajaran dengan pendekatan pemecahan masalah terhadap prestasi belajar matematika, 2) untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika, 3) untuk mengetahui pengaruh interaksi pengajaran dengan pendekatan pemecahan masalah dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan alat analisis yang digunakan menggunakan uji Anava Dua Jalan Sel Tak Sama. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Miri Sragen dengan populasi 228 siswa. Sampel dalam penelitian ini 74 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik ramdom sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan metode tes. Adapun hasil penelitian pada α = 5% adalah sebagai berikut : 1) terdapat pengaruh prestasi belajar matematika di SMP Negeri 1 Miri Sragen antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah dan metode konvensional, dengan Fa = 39,670, 2) terdapat pengaruh prestasi belajar matematika ditinjau dari minat belajar siswa pada pokok bahasan aljabar dan aritmatika sosial antara siswa yang memiliki minat tinggi, sedang, dan rendah, dengan Fb = 9,106, 3) tidak ada pengaruh interaksi antara pendekatan pemecahan masalah dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan aljabar dan aritmatika sosial, dengan Fab = 0,416.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemecahan-masalah, minat-belajar , dan prestasi-belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 04 Nov 2009 08:18
Last Modified: 16 Nov 2010 04:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4519

Actions (login required)

View Item View Item