PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS X.2 SMA NEGERI 2 DEMAK TAHUN AJARAN 2008/2009

HANDAYANI, TATIK SRI (2009) PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS X.2 SMA NEGERI 2 DEMAK TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310050212.pdf

Download (53kB)
[img] PDF
A310050212.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bahwa pembelajaran dengan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi, memperoleh informasi tentang keaktifan siswa kelas X.2 SMA Negeri 2 Demak dalam menulis deskripsi, dan mengetahui persepsi atau tanggapan siswa terhadap pendekatan kontekstual dalam pembelajaran menulis deskripsi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X.2 SMA Negeri 2 Demak yang memiliki 43 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Action Reseach (CAR). Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, catatan lapangan, tes,dan dokumentasi. Wawancara langsung dilakukan dengan guru dan siswa yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Observasi dilakukan untuk mengamati kegiatan pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas.Tes dilakukan sebelum dan sesudah tindakan dengan pembelajaran kontekstual. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui daftar nama-nama dan nomor absen siswa yang menjadi subyek penelitian. Pelaksanaan pembelajaran menulis deskripsi menggunakan pendekatan kontekstual berjalan dengan lancar, guru menetapkan rancangan tindakan yang telah disepakati dengan penelitian guru selalu memberikan bimbingan dan motivasi terhadap siswa dalam pembelajaran menulis deskripsi sehingga kemampuan menulis deskripsi siswa meningkat. Antusiasme dalam keaktifan bertanya jawab siklus I mencapi 75% dan pada siklus II meningkat menjadi 84%. Kesungguhan dalam menulis deskripsi meningkat pada siklus I 60% kemudian meningkat menjadi 87% pada siklus II. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil nilai yang diperoleh dari nilai rata-rata siklus I 71,8 meningkat menjadi 74,09 pada siklus II.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Menulis, deskripsi, kontekstual, siklus penelitian
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 04 Nov 2009 07:27
Last Modified: 16 Nov 2010 04:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4509

Actions (login required)

View Item View Item