PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE (TPS) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN EJAAN PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 1 JEKULO KUDUS TAHUN AJARAN 2008/2009

KHOLIFAH, SITI (2009) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE (TPS) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN EJAAN PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 1 JEKULO KUDUS TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310050207.pdf

Download (130kB)
[img] PDF
A310050207.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) peningkatan penguasaan ejaan siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Jekulo Kudus dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif TPS, (2) keaktifan siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Jekulo Kudus dalam pembelajaran penyuntingan kaidah ejaan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif TPS, (3) persepsi dan tanggapan siswa terhadap pembelajaran penyuntingan kaidah ejaan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif TPS. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 1 Jekulo Kudus. Sumber dan bentuk strategi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bidang studi Bahasa Indonesia kelas VIII dan peserta didik kelas VIII C yang berjumlah 44 siswa. Teknik pengumpulan data diambil dengan menggunakan metode wawancara, observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan hasil penelitian sebagai berikut: (1) keaktifan peserta didik pada pembelajaran penyuntingan kaidah ejaan mengalami peningkatan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif TPS. Peningkatan tersebut ditandai dengan bertambahnya jumlah siswa yang aktif bertanya jawab dan kesungguhan mengerjakan tugas. (2) Penguasaan ejaan siswa juga meningkat dengan adanya penerapan model pembelajaran kooperatif TPS. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil ketepatan menyunting ejaan. Pada sebelum pelaksanaan tindakan nilai rata-rata yang diperoleh hanya 5,43. Setelah dilakukan pelaksanaan tindakan, pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 8,1, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 8,9. Berdasarkan hasil persepsi dan tanggapan siswa diperoleh hasil bahwa pembelajaran kooperatif TPS terasa menyenangkan bagi siswa, dapat meningkatkan keaktifan siswa, serta dapat memotivasi siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penguasaan ejaan, model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS), siklus penelitian.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 04 Nov 2009 07:23
Last Modified: 24 Oct 2011 04:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4508

Actions (login required)

View Item View Item