PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI SISWA KELAS V MI ISLAMIYAH WIDODAREN GERIH NGAWI TAHUN AJARAN 2008/2009

NUGRAHA, DANANG NURCAHYA (2009) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI SISWA KELAS V MI ISLAMIYAH WIDODAREN GERIH NGAWI TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310050193.pdf

Download (55kB)
[img] PDF
A310050193.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (908kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media gambar berseri dalam rangka meningkatkan: 1) kualitas proses pembelajaran keterampilan menulis narasi; 2) kualitas hasil pembelajaran keterampilan menulis narasi siswa kelas V MI Islmaiyah Widodaren Gerih Ngawi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang mengambil lokasi di MI Islamiyah Widodaren Gerih Ngawi. Bentuk dari penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data yakni guru kelas yang merangkap menjadi guru bidang studi Bahasa Indonesia kelas V dan siswa kelas V yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis komperatif deskriptif. Dalam penelitian ini terdiri dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi dan interpretasi; (4) analisis dan refleksi. Siklus I dan siklus II dilaksanakan selama dua kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran keterampilan menulis narasi siswa kelas V MI Islamiyah Widodaren Gerih Ngawi dengan menggunakan media gambar berseri. Peningkatan kualitas proses dan hasil tersebut tercermin dari indikator sebagai berikut. (1) siswa terlihat aktif mengikuti pelajaran menulis; (2) siswa mengalami kemajuan dalam pelajaran menulis narasi; (3) guru berhasil membangkitkan minat siswa; (4) kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran serta mengembangkan materi ajar meningkat; (5) nilai yang diperoleh siswa meningkat pada tiap siklusnya. Sedangkan dilihat dari presentase keaktifan siswa selama proses pembelajaran terdapat peningkatan dari tiap siklusnya yaitu pada prasiklus 40 % , siklus I sebesar 67 %, dan siklus II sebesar 87 %. Dan dilihat dari presentase kemampuan siswa menulis narasi pada tiap siklusnya mengalami kenaikan, yakni pada prasiklus sebesar 40 %, siklus I sebesar 60 %, dan siklus II sebesar 87 %.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Menulis Narasi, Media Gambar Berseri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 04 Nov 2009 07:02
Last Modified: 16 Nov 2010 04:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4504

Actions (login required)

View Item View Item