STUDI TENTANG METODE ”TATSMUR” PADA PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AR-RISALAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008

Sumianto, Edi (2008) STUDI TENTANG METODE ”TATSMUR” PADA PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AR-RISALAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
G000050051.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)

Abstract

Menghafal Al-Qur’an merupakan salah satu kewajiban Kaum Muslimin terhadap Al-Qur’an. Namun dalam kenyataannya, sebagian besar umat Islam merasa kesulitan dan berat untuk menghafalnya, terlebih mengajarkannya. Diantara penyebabnya adalah penggunaan metode pembelajaran tahfidzul Qur’an yang kurang tepat. Penggunaaan metode pembelajaran ini sangat penting, karena pembelajaran tidak hanya menekankan pada apa yang diajarkan, tetapi bagaimana mengajarkannya. Agar mengena, maka metode pembelajaran perlu dipilih dengan tepat sesuai waktu, kondisi dan bidang. Maka dalam hal ini penulis berusaha meneliti metode ”tatsmur” dalam pembelajaran tahfidzul Qur’an di salah satu SDIT di Surakarta yaitu SDIT Ar-Risalah tahun ajaran 2007/2008. Berdasarkan uraian tersebut, permasalahan-permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan metode ”tatsmur” pada pembelajaran tahfidzul Qu’an di SDIT Ar-Risalah Surakarta? Bagaimana efektivitas metode ”tatsmur” pa da pembelajaran tahfidzul Qu’an di SDIT Ar-Risalah Surakarta? Apa sajakah faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap pembelajaran tahfidzul Qur’an di SDIT Ar-Risalah Surakarta? Berkaitan dengan masalah yang telah dirumuskan di atas, maka tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pelaksanaan metode ”tatsmur” pada pembelajaran tahfidzul Qu’an di SDIT Ar-Risalah Surakarta dan tingkat efektivitasnya serta faktor -faktor yang mempengaruhi terhadap pembelajaran tahfidzul Qur’an di SDIT Ar-Risalah Surakarta. Dari tujuan tersebut, diharapkan penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk memberikan sumbangan ilmiah dalam memperkaya ilmu pengetahuan agama tentang metode pembelajaran tahfidzul Qur’an, memberikan sumbangan pemikiran untuk meningkatkan kualitas kemampuan guru dalam mengelola poses belajar mengajar dengan mengembangkan metode pembelajaran yang sedang dan akan diterapkan serta sebagai bahan arahan bagi masyarakat dalam metode pembelajaran tahfidzul Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan populasi dan sampel dengan tehnik sampel total, sehingga seluruh populasi diteliti, yaitu: guru tahfidzul Qur’an kelas II, siswa kelas II, kepala sekolah, dan karyawan SDIT Ar-Risalah Surakarta. Untuk mendapatkan data dalam skripsi, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: eksperimen, observasi, interview dan dokumentasi Sedangkan analisis data tidak menggunakan rumus statistik tetapi dengan deskriptif analisis dengan cara berfikir Induktif dan Deduktif. Dari hasil penelitian dan analisis data serta kesimpulan, didapatkan bahwa metode ”tatsmur” pada pembelajaran tahfidzul Qu’an di SDIT Ar-Risalah Surakarta tahun ajaran 2007/ 2008 sudah cukup baik dan cukup efektif dibandingkan dengan metode yang lain , karena terdapat beberapa fariasi metode dalam pembelajaran yaitu metode talqin, terdiri dari metode cerita, bergambar dan isyarat anggota badan, metode setoran secara individu dan klasikal, serta metode muroja’ah yang terdiri dari metode permainan, tanya-jawab, dan penugasan. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi pembelajaran tahfidzul Qur’an di SDIT Ar-Risalah Surakarta berasal dari pihak yang saling berkaitan yaitu pihak sekolah, pribadi siswa dan pihak orangtua.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Menghafal Al-Qur’an, metode ”tatsmur”, pembelajaran tahfidzul Qu’an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Sep 2008 02:27
Last Modified: 24 Feb 2011 08:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/450

Actions (login required)

View Item View Item