PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI (Survey di Perguruan Tinggi Wilayah Surakarta)

Sari, Indah Permata (2008) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI (Survey di Perguruan Tinggi Wilayah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah surakarta.

[img] PDF
B_200_040_352.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan mahasiswa dalam mengenal potensi dirinya dapat membantu meningkatkan pemahaman akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional (yang terdiri dari aspek pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan ketrampilan sosial) terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa tingkat akhir Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi di Surakarta. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 83 orang mahasiswa tingkat akhir dari Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta, dan Akademi Keuangan dan Bank di Surakarta. Sampel diambil dengan teknik convenience sampling. Kecerdasan emosional yang diteliti terdiri dari aspek pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan ketrampilan sosial. Hasil pengumpulan data dengan kuesioner diuji validitas dan uji reliabilitas. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi ganda, uji t, dan disertai dengan pengujian asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aspek pengenalan diri dalam kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan Ha1 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). Artinya kemampuan mahasiswa dalam mengenal potensi dirinya sebagai bagian dari kecerdasan emosional dapat membantu dalam peningkatan pemahaman akuntansi. (2) Aspek pengendalian diri dalam kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan Ha2 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). Artinya kemampuan mahasiswa dalam mengendalikan diri, termasuk sikap dan emosi akan dapat membantu meningkatkan pemahaman akuntansi. (3) Aspek motivasi dalam kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan Ha3 diterima pada taraf signifikansi 5% (p>0,05). Artinya motivasi dalam diri mahasiswa yang mendorong untuk melakukan suatu kegiatan, misalnya belajar, berdiskusi, dan membaca. Hal ini membantu meningkatkan pemahaman akuntansi. (4) Aspek empati dalam kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan Ha4 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). Artinya kemampuan mahasiswa dalam memahami dirinya sendiri dapat membantu meningkatkan pemahaman akuntansi. (5) Aspek ketrampilan sosial dalam kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan Ha5 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). Artinya kemampuan mahasiswa dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial, baik di ruangan kuliah, di luar kuliah, maupun di rumah dapat membantu meningkatkan pemahaman akuntansi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, pemahaman akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Jun 2008 03:17
Last Modified: 17 Nov 2010 14:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/45

Actions (login required)

View Item View Item