HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK PERSONAL DENGAN SIKAP LANSIA TERHADAP PELAYANAN DI PANTI WREDHA DHARMA BHAKTI SURAKARTA

UTAMI, RATIH DWILESTARI PUJI (2009) HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK PERSONAL DENGAN SIKAP LANSIA TERHADAP PELAYANAN DI PANTI WREDHA DHARMA BHAKTI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
J210050038.pdf

Download (79kB)
[img] PDF
J210050038.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)

Abstract

Peningkatan jumlah lansia di Indonesia berdampak pada peningkatan jumlah penghuni panti wredha. Sikap lansia terhadap pelayanan panti wredha itu sendiri bermacam-macam. Terdapat berbagai faktor yang berhubungan dengan dengan sikap penerimaan lansia pada pelayanan panti wredha. Salah satunya adalah karakteristik responden yang meliputi jenis kelamin, usia, dan tingkat pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan jenis kelamin, usia, dan tingkat pendidikan terhadap sikap lansia terhadap pelayanan di Panti Wredha Dharma Bhakti Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah sebanyak 46 responden dengan teknik simple random sampling. Teknik pengolahan data menggunakan teknik analisis korelasi Rank Spearman. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) sebagian besar lansia berjenis kelamin perempuan, (2) sebagian besar lansia berusia 60 – 79 tahun, (3) tingkat pendidikan lansia sebagian besar tidak sekolah, dan (4) tidak terdapat hubungan jenis kelamin, umur, dan tingkat pendidikan terhadap sikap lansia pada pelayanan di Panti Wredha Dharma Bhakti Surakarta. Kata kunci: jenis kelamin, umur, tingkat pendidikan, sikap.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: jenis kelamin, umur, tingkat pendidikan, sikap
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 03 Nov 2009 08:37
Last Modified: 16 Nov 2010 04:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4493

Actions (login required)

View Item View Item