Patriotisme Dalam Novel The Darkness Of Gatotkaca Karya Pitoyo Amrih: Kajian Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Pembelajaran Sastra Di SMP

Suratno, Giri (2016) Patriotisme Dalam Novel The Darkness Of Gatotkaca Karya Pitoyo Amrih: Kajian Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Pembelajaran Sastra Di SMP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASIi.pdf

Download (798kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
halaman depan.pdf

Download (735kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (206kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB) | Request a copy
[img] PDF (Pernyataan Publikasi)
pernyataan publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB) | Request a copy

Abstract

Sastra tidak akan pernah bisa dilepaskan dari latar belakang penciptaannya oleh karena itu perkembangan sastra akan selaras dengan perkembangan sebuah zaman. Zaman kekinian selalu diramaikan dengan pencarian tokoh panutan yang pantas untuk ditiru segala tindak tanduknya. Salah satu karya sastra yang menyajikan tokoh yang pantas menjadi panutan adalah novel berjudul The Darkness of Gatotkaca karya Pitoyo Amrih. Penelitian terhadap novel The Darkness of Gatotkaca karya Pitoyo Amrih memiliki tiga tujuan yaitu (1) mendeskripsikan struktur pembangun novel The Darkness of Gatotkaca, (2) mendeskripsikan sikap patriotisme Gatotkaca, dan (3) mendeskripsikan hasil penelitian dalam pembelajaran sastra di SMP. Penelitian ini merupakan peneilitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan strategi penelitian terpancang. Sumber data pada peneitian ini adalah novel The Darkness of Gatotkaca karya Pitoyo Amrih. Data primer penelitian ini berupa kata, frasa, klausa, kalimat, paragraf, dan wacana dalam novel The Darkness of Gatotkaca yang mengandung muatan patriotisme. Data sekunder berupa berbagai artikel dari internet yang mendukung penelitian. Data dikumpulkan dengan teknik pustaka, simak, dan catat. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan metode dialektik. Hasil penelitian menunjukan bahwa novel The Darkness of Gatotkaca karya Pitoyo Amrih memiliki tema kepahlawanan. Alur yang digunakan adalah alur maju. Tokoh utama dalam novel adalah Gatotkaca. Latar yang terdapat dalam novel adalah kerajaan-kerajaan. Gatotkaca mempunyai sikap patriotisme yang tinggi ditunjukan dengan sikapnya yang selalu bertanggung jawab terhadap keutuhan dan keselamatan tanah air, rela berkorban, serta cinta dan berbakti pada tanah air. Hasil penelitian diimplemntasikan dalam pembelajaran sastra di SMP melalui kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) standar kompetensi (SK) 13 yang mengajarkan tentang memahami wacana sastra melalui kegiatan mendengarkan pembacaan kutipan/sinopsis novel.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: cinta tanah air, gatotkaca, sosiologi sastra, patriotisme, pembelajaran sastra.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: GIRI SURATNO
Date Deposited: 08 Aug 2016 07:38
Last Modified: 08 Aug 2016 07:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/44850

Actions (login required)

View Item View Item