UPAYA PENINGKATAN KETRAMPILAN BERBICARA SISWA DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 1 KUTOWINANGUN KEBUMEN

WAHYUNINGSIH, YUYUN (2009) UPAYA PENINGKATAN KETRAMPILAN BERBICARA SISWA DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 1 KUTOWINANGUN KEBUMEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310050155.pdf

Download (152kB)
[img] PDF
A310050155.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses penerapan metode Problem Based Learning pada pembelajaran bahasa Indonesia dalam upaya meningkatkan keterampilan berbicara, mengidentifikasi peningkatan keterampilan berbicara siswa yang meliputi keterampilan menjelaskan dan bertanya. Mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penerapan metode Problem Based Learning dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Obyek penelitian ini adalah penerapan metode Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Sumber dalam penelitian ini diperoleh dari siswa-siswi kelas X.2 SMA N 1 Kutowinangun, Kebumen. Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan angket. Analisis data menggunakan tekhnik analisis interaktif, yaitu interaksi dari tiga komponen utama. Komponen tersebut adalah reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia dengan metode Problem Based Learning mampu meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Hal ini dapat ditunjukan dari hasil evaluasi terhadap profil kelas sebelum dan sesudah penelitian serta tanggapan dari siswa setelah tindakan kelas selesai. Keterampilan berbicara siswa dalam hal bertanya semakin meningkat tiap putarannya mulai dari pasif (0%) menjadi 1 siswa, 6 siswa, hingga 15 siswa. Keterampilan berbicara siswa dalam hal menjelaskan juga semakin meningkat setiap putarannya mulai dari tidak ada menjadi 2 siswa, 3 siswa, hingga 19 siswa dan mendapat respon yang positif dari siswa karena pembelajaran lebih bermakna

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Problem Based Learning, Keterampilan Berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 03 Nov 2009 08:11
Last Modified: 24 Oct 2011 04:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4483

Actions (login required)

View Item View Item