Analisis Penggunaan Bentuk Mubazir Kata Pada Karangan Siswa Kelas Xi Mipa 2 Di Sma Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.

Efiyana, Nurul and , Drs. Yakub Nasucha, M.Hum (2016) Analisis Penggunaan Bentuk Mubazir Kata Pada Karangan Siswa Kelas Xi Mipa 2 Di Sma Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL PUBLIKASI REVISI.pdf

Download (670kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
bagian awal fixnew.pdf

Download (818kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (Pernyataan Naskah Publikasi)
1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)

Abstract

ANALISIS PENGGUNAAN BENTUK MUBAZIR KATA PADA KARANGAN SISWA KELAS XI MIPA 2 DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016 Nurul Efiyana. A310120019. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2016. ABSTRAK Karangan siswa adalah sebuah karangan yang dilakukan secara tertulis disertai aspek kebahasan sesuai dengan kaidah ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan sehingga menghasilkan suatu karangan berupa cerita pendek yang dapat diminati pembaca. Kalimat yang mengandung kata yang mubazir adalah kalimat yang berlebih-lebihan sehingga mengakibatkan tidak hemat, sia-sia, dan tidak berguna.Ada dua tujuan yang ingin dicapai dalam penelititan ini. (1) Mengidentifikasi bentuk penggunaan kata mubazir pada karangan siswa keals XI MIPA 2 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. (2) Memaparkan bentuk analisis kata yang mengalami penggunaan kata mubazir pada karangan siswa kelas XI MIPA 2 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa hasil karangan siswa berupa cerita pendek kelas XI MIPA 2 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Teknik pengumpualan data dilakukan dengan menggunakan metode simak yang dilanjutkan dengan teknik catat. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan metode agih. Metode agih digunakan untuk menganalisis penggunaan bentuk mubazir pada karangan siswa kelas XI MIPA 2 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan dalam kegiatan memproduksi cerita pendek siswa kelas XI MIPA 2 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta masih ditemukan kalimat yang mengandung bentuk kemubaziran kata. Bentuk kalimat mubazir yang ditemukan antara lain: (1) kemubaziran kata kopula ditemukan sebanyak 3 kesalahan, (2) kemubaziran dua kata atau lebih yang bersinonim ditemukan sebanyak 4 kesalahan, (3) kemubaziran penggunaan kata banyak + kata ulang ditemukan sebanyak 2 kesalahan, (4) penggunaan pleonasme ditemukan sebanyak 9 kesalahan, (5) pemborosan penggunaan kata maka ditemukan sebanyak 2 kesalahan, (6) pemborosan kata dimana ditemukan sebanyak 1 kesalahan, (7) pemborosan kata dalam dan di dalam ditemukan sebanyak 1 kesalahan, (8) pemborosan kata daripada ditemukan sebanyak 1 kesalahan, (9) pemborosan kata kepada ditemukan sebanyak 2 kesalahan, (10) pemborosan penggunaan kata dari ditemukan sebanyak 1 kesalahan. Kata kunci: karangan siswa, kemubaziran, kata kopula, pleonasme.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: karangan siswa, kemubaziran, kata kopula, pleonasme.
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: NURUL EFIYANA
Date Deposited: 29 Jul 2016 08:45
Last Modified: 29 Jul 2016 08:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/44612

Actions (login required)

View Item View Item