PENGGUNAAN BENTUK MUBAZIR PADA KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI I MOJOGEDANG TAHUN AJARAN 2008/2009

MUKAROMAH, FAJAR HIDAYATUN (2009) PENGGUNAAN BENTUK MUBAZIR PADA KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI I MOJOGEDANG TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310050067.pdf

Download (52kB)
[img] PDF
A310050067.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)

Abstract

Deskripsi adalah bentuk wacana yang berusaha menyajikan suatu objek sehingga objek itu seolah-olah berada di depan pembaca, seakan-akan pembaca melihat sendiri objek itu. Kalimat mubazir adalah kalimat yang bersifat berlebihan sehingga mengakibatkan tidak hemat, sia-sia dan tidak berguna. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan wujud penggunaan bentuk mubazir pada karangan deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri I Mojogedang, (2) mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan bentuk mubazir pada karangan deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri I Mojogedang. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa hasil karangan deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri I Mojogedang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, catat dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan metode agih dan padan. Metode agih digunakan untuk menganalisis penggunaan bentuk mubazir, sedangkan metode padan digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan bentuk mubazir pada karangan deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri I Mojogedang. Penyajian hasil analisis menggunakan metode penyajian informal yaitu menggunakan kata-kata biasa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kegiatan mengarang deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri I Mojogedang masih ditemukan kalimat mubazir. Bentuk kalimat mubazir yang ditemukan antara lain: (1) kemubaziran kata kopula, sebanyak 14 kesalahan, (2) kemubaziran dua kata atau lebih yang bersinonim, sebanyak 9 kesalahan, (3) kemubaziran kata berlebihan, sebanyak 14 kesalahan, (4) kemubaziran penggunaan kata banyak + kata ulang, sebanyak 8 kesalahan. Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan bentuk mubazir adalah kurangnya pemahaman siswa tentang cara mengarang yang baik, penguasaan kosakata yang rendah, pengaruh bahasa daerah dan kurangnya pemahaman siswa tentang menulis efektif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karangan Deskripsi, kemubazidan, kata kopula, dan kata bersinonim
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 02 Nov 2009 08:35
Last Modified: 16 Nov 2010 04:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4450

Actions (login required)

View Item View Item