HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK RETARDASI MENTAL RINGAN DI SEKOLAH LUAR BIASA C YAYASAN SOSIAL SETYA DARMA SURAKARTA

MAYASARI, DEWI (2009) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK RETARDASI MENTAL RINGAN DI SEKOLAH LUAR BIASA C YAYASAN SOSIAL SETYA DARMA SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
J210050030.pdf

Download (52kB)
[img] PDF
J210050030.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/J210/J2100...

Abstract

Latar Belakang. Anak adalah individu yang unik, karena faktor bawaan dan lingkungan yang berbeda, maka pertumbuhan dan pencapaian kemampuan perkembangannya juga berbeda, tetapi akan menuruti patokan umum. Diperlukan kriteria sampai seberapa jauh keunikan seorang anak tersebut, apakah masih dalam batas-batas normal atau tidak. Salah satu kelainan yang sering diderita pada anak adalah retardasi mental. Pada retardasi mental ringan dapat mengembangkan kecakapan sosial dan komunikatif atau dikatakan kelompok retardasi dapat dididik (educable). Dukungan keluarga memiliki sumbangan terbesar dalam rangka membantu anak retardasi mental mencapai penyesuaian yang akurat. Untuk mengetahui keberhasilan SLB membina anak retardasi mental ringan salah satunya dengan menetapkan prestasi belajar anak retardasi mental ringan. Tujuan. Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan prestasi belajar anak retardasi mental ringan di SLB C YSSD Surakarta. Metode Penelitian. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional, teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Dengan jumlah sampel 42 responden. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Luar Biasa C Yayasan Sosial Setya Darma Surakarta. Pelaksanaan penelitian yaitu pada tanggal 6 April - 16 Mei 2009. Metode pengumpulan data dengan kuesioner dan studi dokumentasi nilai rapor. Analisa data menggunakan korelasi Spearman rank untuk mencari hubungannya. Kesimpulan. Hasil penelitian ini diketahui adanya hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan prestasi belajar anak retardasi mental ringan. Analisis bivariat dengan rumus korelasi Spearman rank diperoleh koefisien korelasi sebesar nilai ρ 0,386 dengan nilai p value sebesar 0,012 < p 0,05 sehingga Ho ditolak, artinya dapat dikatakan ada hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan prestasi belajar anak retardasi mental ringan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: family support, achievement of learning, retardation of light mental
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 02 Nov 2009 07:53
Last Modified: 31 Oct 2011 04:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4432

Actions (login required)

View Item View Item