PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING SISWA KELAS X AK 1 SMK MUHAMMADIYAH 2 KARANGANYAR TAHUN DIKLAT 2008/2009

OKTAVIANA, ETIK (2009) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING SISWA KELAS X AK 1 SMK MUHAMMADIYAH 2 KARANGANYAR TAHUN DIKLAT 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310050027.pdf

Download (45kB)
[img] PDF
A310050027.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)

Abstract

proses pembelajaran menulis cerpen dengan penerapan model pembelajaran pemetaan pikiran (mind mapping) siswa kelas X AK 1 SMK MUHAMMADIYAH 2 KARANGANYAR, (2) bagaimanakah penerapan model pembelajaran pemetaan pikiran (mind mapping) siswa kelas X AK 1 SMK MUHAMMADIYAH 2 KARANGANYAR. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendiskripasikan peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis cerpen dengan penerapan model pembelajaran pemetaan pikiran (mind mapping)siswa kelas X AK 1 SMK MUHAMMADIYAH 2 KARANGANYAR, (2) mengetahui bagaimanakah penerapan model pembelajaran pemetaan pikiran (mind mapping) siswa kelas X AK 1 SMK MUHAMMADIYAH 2 KARANGANYAR Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, strategi yang digunakan kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan siswa kelas X AK 1 SMK MUHAMMADIYAH 2 KARANGANYAR dalam menulis cerpen dengan model pembelajaran pemetaan pikiran (mind mapping). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kritis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan (1) penerapan model pemetaan pikiran (mind mapping) dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis cerpen. Pada siklus I siswa yang aktif sebesar 51, 35%, siswa yang perhatian dan konsentrasi sebesar 62, 16%, dan siswa yang berminat dan termotivasi sebesar 75, 67%. Pada siklus II siswa yang aktif sebesar 67, 56%,siswa yang perhatian dan konsentrasi sebesar 83, 78%, dan siswa yang berminat dan termotivasi sebesar 94, 59%. (2) penerapan model pemetaan pikiran (mind mapping) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen. Penerapan model pemetaan pikiran (mind mapping) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan rata-rata nilai siswa 77,08 pada siklus I, meningkat menjadi 81,21 pada siklus II.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemetaan pikiran (mind mapping).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 02 Nov 2009 07:46
Last Modified: 16 Nov 2010 05:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4429

Actions (login required)

View Item View Item