PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 1 NGEMPLAK BOYOLALI

REJEKI, SRI (2009) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 1 NGEMPLAK BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310050013.pdf

Download (62kB)
[img] PDF
A310050013.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kualitas proses kemampuan menulis narasi dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif STAD pada siswa kelas VII E SMP Negeri I Ngemplak Boyolali dan memaparkan peningkatan kualitas hasil kemampuan menulis narasi dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif STAD pada siswa kelas VII E SMP Negeri I Ngemplak Boyolali. Setting Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri I Ngemplak Boyolali pada siswa kelas VII E. Sasaran tindakan adalah peningkatan kemampuan menulis narasi dengan metode pembelajaran kooperatif STAD pada siswa kelas VII E SMP Negeri I Ngemplak Boyolali. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes/penugasan, wawancara, dan analisis dokumen. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yaitu proses pelacakan dan pengaturan secara sistematis transkrip wawancara, catatan lapangan, dan bahan-bahan lain yang dikumpulkan untuk meningkatkan pemahaman terhadap bahan-bahan tersebut agar dapat dipresentasikan semuanya kepada orang lain. Prosedur penelitian ini didasarkan pada prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu (1) pemilihan masalah secara umum, (2) peninjauan masalah, (3) penemuan masalah khusus, pertanyaan penelitian, atau hipotesis, (4) penentuan rancangan penelitian dan metodologi, (5) pengumpulan data, (6) analisis data dan penyajian hasil, dan (7) penafsiran temuan dan pemberian simpulan atau ringkasan. Penelitian ini bersifat siklus, penelitian dilakukan secara berulang. Hasil penelitian ini, yakni terdapat peningkatan kualitas proses KMN pada siswa kelas VII E SMP Negeri I Ngemplak Boyolali, yaitu sebagai berikut. 1) Keaktifan siswa selama proses pembelajaran pada siklus I mencapai 44%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 58%, dan pada siklus III yaitu 66%. 2) Kerja sama dan kekompakan siswa dalam tim pada siklus I mencapai 47%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 53%, dan pada siklus III mengalami peningkatan yang signifikan yaitu 76%. 3) Siswa yang mengerjakan tugas KMN dengan serius dan sungguh-sungguh pada siklus I mencapai 44%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 64%, dan pada siklus III mengalami peningkatan yang signifikan yaitu 79%. Adapun peningkatan kualitas hasil pembelajaran ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai batas ketuntasan hasil belajar dalam pembelajaran KMN, yaitu ketuntasan hasil belajar (keterampilan siswa dalam menulis narasi) dengan memperhatikan aspek-aspek karangan yang mencakup isi dan organisasi gagasan, penggunaan kosa kata, penggunaan bahasa, dan aspek mekanik pada siklus I mencapai 44%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 64%, dan pada siklus III mengalami peningkatan yang signifikan yaitu 79%. Peningkatan proses dan hasil pembelajaran diiringi pula dengan pengoptimalan tindakan yang dilakukan secara efektif, yaitu sebagai berikut.1) Pembentukan kelompok secara heterogen yang didasarkan pada tingkat prestasi yang berbeda. 2) Memberi kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi dan bekerja sama dengan cara saling mengoreksi hasil menulis narasi teman dalam satu tim. 3) Memantau dan mengamati kegiatan tiap-tiap tim secara menyeluruh dengan cara memberikan bimbingan kepada tiap-tiap anggota tim. 4) Memberikan penghargaan berupa ungkapan pujian dan piagam penghargaan kepada tim-tim yang berprestasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Kooperatif STAD dan Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 02 Nov 2009 07:38
Last Modified: 16 Nov 2010 05:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4425

Actions (login required)

View Item View Item