CLASSROOM TECHNIQUES USED BY THE TEACHER TO DEVELOP STUDENTS’ ENGLISH SPEAKING SKILL AT SMA N 2 SUKOHARJO IN 2015/2016 ACADEMIC YEAR: A NATURALISTIC STUDY

MIRZA FEBRIYANTI, RENY and , Prof. Dr. Endang Fauziati, M. Hum and , Mauly Halwat Hikmat, Ph. D, (2016) CLASSROOM TECHNIQUES USED BY THE TEACHER TO DEVELOP STUDENTS’ ENGLISH SPEAKING SKILL AT SMA N 2 SUKOHARJO IN 2015/2016 ACADEMIC YEAR: A NATURALISTIC STUDY. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

[img] PDF (PUBLICATION ARTICLE)
PUBLICATION ARTICLE.pdf

Download (841kB)
[img] PDF (FRONT PAGE)
COVER, Approval, Pronouncement.pdf

Download (838kB)
[img] PDF (CHAPTER I)
CHAPTER 1.pdf

Download (204kB)
[img] PDF (CHAPTER II)
CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] PDF (CHAPTER III)
CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (CHAPTER IV)
CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (CHAPTER V)
CHAPTER V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (BIBLIOGRAPHY)
BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (192kB)
[img] PDF (APPENDIX)
APPENDIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tipe teknik yang digunakan oleh guru bahasa Inggris di SMA N 2 Sukoharjo untuk mengembangkan kemampuan berbicara siswa dalam bahasa Inggri, tujuan dari penggunaan teknik, peran guru, peran siswa, dan materi pendukung. Jenis dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif khususnya Naturalistik Studi dalam menganalisis data. Metode yang digunakan dalam penelitian ini antara lain mengamati, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Berdasarkan pada pengamatan menunjukkan bahwa tipe teknik yang digunakan dalam proses pembelajaran oleh guru bahasa Inggris untuk mengembangkan kemampuan berbicara di SMA N 2 Sukoharjo antara lain Kelompok Presentasi, Drama, dan Menyanyi. Peran guru dalam proses pembelajaran antara lain sebagai Pengawas, sebagai Penasehat, sebagai Penerjemah, sebagai Organisator, sebagai Pengamat, dan sebagai Model. Peran siswa dalam proses pembelajaran antara lain sebagai Perencana, sebagai Anggota, sebagai Pengajar untuk temannya. Materi yang digunakan oleh guru Bahasa Inggris dalam proses pembelajaran antara lain “Bahasa dan Sastra Inggris: Peminatan Ilmu Bahasa dan Budaya” ditulis oleh Seto Hidayat, Ardana Neswari Purba, Arlis Dwi Siswanti, Erlina Setijani, dan Teguh Sarosa untuk kelas sepuluh, Buku lembar kerja siswa (Bahasa Inggris ditulis oleh Caraka Team), dan kamus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah guru bahasa Inggris di SMA N 2 Sukoharjo menggunakan bermacam teknik untuk mengembangkan kemampuan berbicara siswa dalam proses pembelajaran. Berbagai macam teknik yang digunakan guru dalam proses pembelajaran berbicara membuat siswa lebih aktif, lebih kreatif, dan siswa lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajara khususnya dalam aktivitas berbicara dalam kelas. Teknik yang bermacam tersebut juga membuat siswa tidak merasa bosan ketika proses pembelajaran berlangsung, mereka senang, menikmati dan merasa percaya diri ketika proses pembelajaran berbicara. Berdasarkan pada pengamatan, penggunaan teknik dalam pembelajaran sangat penting untuk membuat situasi dalam kelas menjadi lebih menarik dan membuat lebih semangat dalam proses pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teknik Mengajar dalam Pembelajaran Berbicara, Peran guru, Peran Siswa, Materi Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: RENY MIRZA FEBRIYANTI
Date Deposited: 09 May 2016 10:00
Last Modified: 09 May 2016 10:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/43653

Actions (login required)

View Item View Item