PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TGT (Teams Games Tournaments) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA BIOLOGI KELAS VIIIB SEMESTER I SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009

FIDYAWATI, ANNA (2009) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TGT (Teams Games Tournaments) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA BIOLOGI KELAS VIIIB SEMESTER I SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A420050126.pdf

Download (134kB)
[img] PDF
A420050126.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Siswa pasif dan tidak memperhatikan penjelasan dari guru saat pembelajaran, menyebabkan hasil belajar biologi siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode TGT dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIIIB SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009 sebanyak 38 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan metode pokok yaitu metode observasi dan metode tes, serta metode bantu yaitu catatan lapangan dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik kovariansi. Melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan guru biologi kepada siswa dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Hal ini berdasarkan refleksi dan evaluasi pada analisis data yang diperoleh, aspek afektif siswa sebelum tindakan 28 (kurang berhasil), Siklus I 30.84 (kurang berhasil), Siklus II 35.42 (cukup berhasil) dan Siklus III 40 (berhasil). Aspek kognitif, yaitu anava Fhit (8.69) lebih besar dari pada Ftabel (0.05) (2.88) artinya ada perbedaan yang bermakna dari hasil belajar siswa keseluruhan siklus. t-tes (dua arah) dengan membandingkan nilai ttabel (0.05) (2.021) dan ttabel (0.01) (2.704), antara sebelum tindakanl dengan Siklus I thitung (-14.71) lebih besar daripada ttabel, artinya adanya perbedaan hasil belajar siswa antar siklus dan sangat bermakna. Antara Siklus I dengan Siklus II thitung (-8.9) lebih besar daripada ttabel, artinya adanya perbedaan hasil belajar siswa antar siklus dan sangat bermakna. Antara Siklus II dengan Siklus III thitung (-14.53) lebih besar daripada ttabel, artinya adanya perbedaan hasil belajar siswa antar siklus dan sangat bermakna. Korelasi, dengan membandingkan nilai rtabel (0.05) (0.320) dan rtabel (0.01) (0.413), antara sebelum tindakan dengan Siklus I rhitung (0.973) lebih besar dari pada rtabel, artinya adanya hubungan antara metode TGT dengan hasil belajar biologi masing-masing individu, bersifat kuat dan sangat bermakna. Antara Siklus I dengan Siklus II rhitung (0.982) lebih besar dari pada rtabel artinya adanya hubungan antara metode TGT dengan hasil belajar biologi masing-masing individu, bersifat kuat dan sangat bermakna.Antara Siklus II dengan Siklus III rhitung (0.963) artinya adanya hubungan antara metode TGT dengan hasil belajar biologi masing-masing individu, bersifat kuat dan sangat bermakna.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif model TGT, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 21 Oct 2009 08:52
Last Modified: 16 Nov 2010 05:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4346

Actions (login required)

View Item View Item