PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA SUB POKOK BAHASAN ORGANISASI KEHIDUPAN SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 2 KARTASURA TAHUN AJARAN 2008/2009

SUSILOWATI, SUSILOWATI (2009) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA SUB POKOK BAHASAN ORGANISASI KEHIDUPAN SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 2 KARTASURA TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta Perpustakaan.

[img]
Preview
PDF
A420050117.pdf

Download (73kB)
[img] PDF
A420050117.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Peningkatan prestasi belajar dengan penggunaan metode Numbereds Heads Together Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dimulai dengan identifikasi permasalahan yang ada di kelas. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan yang berupa penyusunan langkah-langkah pembelajaran dengan penggunaan metode Numbered Heads Togeher, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, analisis serta refleksi untuk tindakan berikutnya. Penelitian dilakukan dalam 3 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIB SMP N 2 Kartasura Tahun Ajaran 2008/2009. Data diperoleh melalui kajian observasi dan tes evaluasi kognitif. Teknik analisis data dengan teknik analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan kerjasama, kemampuan berpendapat dan bertanya, belajar menghargai pendapat siswa lain dan terjadi peningkatan belajar dalam bentuk kelompok yang tinggi. Hasil evaluasi ranah kognitif diukur dari evaluasi siklus I, II,III dan evaluasi akhir juga mengalami peningkatan. Hasil analisis tehadap hasil belajar siswa pada pertemuan I rata-rata hasil belajar yang dicapai siswa sebesar 6.4. Pada pertemuan II, rata-rata hasil belajar yang dicapai siswa sebesar 6.9. Pada pertemuan III, rata-rata hasil belajar yang dicapai siswa sebesar 7.4. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Penerapan metode Numbered Heads Togeher dapat meningkatkan prestasi belajar Biologi

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif, numbered heads together, prestasi belaja
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 21 Oct 2009 08:12
Last Modified: 16 Nov 2010 05:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4338

Actions (login required)

View Item View Item