PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN CREATIVE APPROACH BERBASIS PICTORIAL RIDDLE APPROACH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN BIOLOGI SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 2 KARTASURA TAHUN AJARAN 2008/2009

RUSMIYATI, UTIN (2009) PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN CREATIVE APPROACH BERBASIS PICTORIAL RIDDLE APPROACH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN BIOLOGI SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 2 KARTASURA TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta Perpustakaan.

[img]
Preview
PDF
A420050116.pdf

Download (63kB)
[img] PDF
A420050116.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan penguasaan siswa pada topik keanekaragaman tingkat satuan organisasi kehidupan menggunakan pembelajaran dengan creative approach berbasis pictorial riddle approach untuk meningkatkan penguasaan biologi siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2008/2009. Penelitian ini diawali dengan diskusi mengenai gambar atau wacana dan diakhiri dengan kesimpulan dan post-test pada tiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I (ranah kognitif = 5, 53 atau meningkat sebesar 2.13 dari nilai awal rata-rata 3,40 dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,75; ranah afektif = 15,43 (termasuk kategori kurang berminat)). Rata-rata hasil belajar pada siklus II (ranah kognitif = 7.15 atau meningkat sebesar 1.62 dari siklus I dengan standar deviasi (SD) sebesar 1.68; ranah afektif = 17.21 (termasuk kategori cukup berminat) atau meningkat sebesar 1,78 dari siklus I). Rata-rata hasil belajar pada siklus III (ranah kognitif = 7.57 atau meningkat sebesar 0,42 dari siklus II dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,54; ranah afektif = 21,17 (termasuk kategori berminat) atau meningkat sebesar 3.96 dari siklus II). Rata-rata hasil belajar pada siklus IV (ranah kognitif = 8.66 atau meningkat sebesar 1.09 dari siklus III dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,9; ranah afektif = 22.43 (termasuk kategori berminat) atau meningkat sebesar 1.26 dari siklus III).Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan creative approach berbasis pictorial riddle approach dapat memperbaiki proses belajar mengajar, hal ini didukung dengan peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2008/2009.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, pembelajaran dengan creative approach berbasis pictorial riddle approach, keanekaragaman tingkat satuan organisasi kehidupan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 21 Oct 2009 08:07
Last Modified: 02 Jan 2012 10:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4337

Actions (login required)

View Item View Item