MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MELALUI PENERAPAN GUIDED NOTE TAKING DENGAN BANTUAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS VIIC SMP NEGERI 24 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009

UTAMI, SILVIANA DWI (2009) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MELALUI PENERAPAN GUIDED NOTE TAKING DENGAN BANTUAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS VIIC SMP NEGERI 24 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta Perpustakaan.

[img]
Preview
PDF
A420050108.pdf

Download (43kB)
[img] PDF
A420050108.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada topik ekosistem melalui pembelajaran guided note taking dengan bantuan alat peraga pada siswa SMP Negeri 24 Surakarta kelas VIIC tahun Ajaran 2008/2009. Penelitian ini diawali dengan membagikan hand-out yang berisi poin-point penting dari materi yang akan disampaikan dan diakhiri dengan kesimpulan dan post-test pada tiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I (ranah kognitif = 7,38 atau meningkat sebesar 1,29 dari nilai awal sebesar 6,09 dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,78; nilai ranah afektif = 15,29 (termasuk kategori kurang berminat)). Rata-rata hasil belajar pada siklus II (ranah kognitif = 8,63 atau meningkat sebesar 1,25 dari siklus I dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,62; ranah afektif = 18,16 (termasuk kategori cukup berminat) atau meningkat sebesar 2,87 dari siklus I). Rata-rata hasil belajar pada siklus III (ranah kognitif = 9,39 atau meningkat sebesar 0,76 dari siklus II dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,49; ranah afektif = 21,76 (termasuk kategori berminat) atau meningkat sebesar 3,6 dari siklus II) Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran biologi pada konsep ekosistem melalui strategi pembelajaran guided note taking (catatan terbimbing) dengan bantuan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIC SMP Negeri 24 Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran guided note taking, alat peraga dan ekosistem
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 21 Oct 2009 07:51
Last Modified: 02 Jan 2012 10:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4330

Actions (login required)

View Item View Item