PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF SSCS (Search Solve Create And Share) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI KELAS VII E SEMESTER II SMP AL ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009

WIBAWATI, FINA (2009) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF SSCS (Search Solve Create And Share) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI KELAS VII E SEMESTER II SMP AL ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta Perpustakaan.

[img]
Preview
PDF
A420050100.pdf

Download (34kB)
[img] PDF
A420050100.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)

Abstract

Proses pembelajaran yang kurang kondusif di SMP AL Islam 1 Surakarta perlu dilakukan proses pembelajaran yang lebih baik, oleh karena itu guru dan peneliti memilih menerapkan pembelajaran kooperatif SSCS untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar biologi siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif SSCS pada materi pokok ekosistem di SMP Al Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2008/2009. Sebagai tempat penelitian diambil kelas VII E. Permasalahan yang timbul yaitu siswa pasif, jenuh, ramai, tidak memperhatikan pelajaran, tidak berminat mengikuti pelajaran, pemahaman siswa lemah, sehingga hasil belajar siswa kurang. Teknik pengumpulan data melalui dialog awal, observasi, proses selama tindakan, tes, dokumentasi dan refleksi. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan, rata-rata hasil belajar kognitif siswa sebesar 53,2; rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 53,9; rata-rata siklus II meningkat menjadi 66,5 dan pada siklus III nilai rata-rata kognitif siswa meningkat menjadi 71,7. Sedangkan pada segi afektif, pada siklus I menunjukkan rata-rata kemampuan afektif siswa adalah 22,27 dengan kriteria kurang berminat; pada siklus II menunjukkan rata-rata kemampuan afektif siswa sebesar 31,6 dengan kriteria cukup berminat; sedangkan pada siklus III menunjukkan rata-rata kemampuan afektif siswa sebesar 41,7 dengan kriteria berminat. Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa setelah penerapan metode SSCS pada pembelajaran berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 0,11 point atau 11%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode SSCS dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII E SMP Al Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2008/2009 sebesar 0,11 point atau 11%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran SSCS, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 21 Oct 2009 07:39
Last Modified: 02 Jan 2012 10:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4326

Actions (login required)

View Item View Item