UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PROSES BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DISERTAI OHP PADA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 3 SAWIT BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2008/2009

HARTATI, FITRIYA DWI (2009) UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PROSES BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DISERTAI OHP PADA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 3 SAWIT BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta Perpustakaan.

[img]
Preview
PDF
A420050096.pdf

Download (31kB)
[img] PDF
A420050096.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan, proses, dan hasil belajar siswa pada topik ekosistem menggunakan metode pembelajaran Course Review Horay pada siswa SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Kelas VIIB Tahun Pelajaran 2008/2009. Berdasarkan serangkaian kegiatan pada dialog dengan guru, kepala sekolah dan wakil kepala kurikulum, observasi lapangan dan berdasarkan kesepakatan antara guru dan peneliti, disepakati penyebab masalah dalam proses pembelajaran dapat berasal dari siswa, guru, materi, proses pembelajaran dan waktu pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini diawali dengan mendemonstrasikan atau menyajikan materi dan diakhiri dengan kesimpulan dan post test pada tiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I (ranah kognitif = 6,64 atau meningkat sebesar 0,75 dari nilai awal dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,05; ranah afektif 15,88 (termasuk kategori kurang berminat). Rata-rata hasil belajar pada siklus II (ranah kognitif: 7,58 atau meningkat sebesar 0,97 dari siklus I dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,06; ranah afektif 16,88 (termasuk kategori cukup berminat) atau meningkat sebesar 0,8 dari siklus I). Rata-rata hasil belajar pada siklus III (ranah kognitif 8,96 atau meningkat sebesar 1,38 dari siklus II dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,05; ranah afektif = 22,75 (termasuk kategori berminat) atau meningkat sebesar 6,07 dari siklus II). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Course Review Horay dapat memperbaiki dan meningkatkan keaktifan dan proses belajar mengajar. Hal ini didukung dengan peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas VIIB SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Pelajaran 2008/2009.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan belajar, proses belajar, hasil belajar, metode pembelajaran course review horay, OHP.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 21 Oct 2009 07:30
Last Modified: 02 Jan 2012 10:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4322

Actions (login required)

View Item View Item