Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Pembelajaran Kontekstual Di Kelas Iv SD Muhammadiyah 22 Sruni Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016

wardhana, yoga eka and , Drs. Mulyadi Sri Kamulyan, S.H, M.Pd (2016) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Pembelajaran Kontekstual Di Kelas Iv SD Muhammadiyah 22 Sruni Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
ARTIKEL PUBLIKASI-YOGA.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf

Download (352kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf

Download (220kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (364kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (383kB)

Abstract

Yoga Eka Wardhana, A510120176. Peningkatan Hasil Belajar Matematika tentang Operasi Hitung Bilangan Bulat melalui Pembelajaran Kontekstual di Kelas IV SD Muhammadiyah 22 Sruni Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. April, 2016. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika tentang operasi hitung bilangan bulat siswa kelas IV SD Muhammadiyah 22 Sruni Surakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningatkan kwalitas menajar guru dan hasil belajar matematika tentang operasi hitung bilangan bulat melalui pembelajaran kontekstual di kelas IV SD Muhammadiyah 22 Sruni Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdapat dua pertemuan dan setiap pertemuan terdiri dari 4 tahapan yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini menggunkan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru dan seluruh siswa kelas IV SD Muhammadiyah 22 Sruni. Pada kegiatan prasiklus analisis hasil belajar matematika tentang operasi hitung bilangan bulat, diswa yang mendapat hasil belajar lebih dari Kritaeria Ketuntasan Minimal (KKM)≥65 hanya 10 siswa atau 32,3 % dari 31. Hal yang menyebabkan hasil belajar matematika siswa rendah adalah siswa merasa proses pembelajaran yang diberikan oleh guru berlangsung membosankan. Oleh karena itu, Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kwalitas mengajar guru dan hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian peningkatan hasil belajar operasi hitung bilangan bulat melalui pembelajaran kontekstual ditunjukkan dengan perolehan siklus I siswa yang memenuhi KKM ≥65 adalah 16 siswa (51,7%) dari 31 siswa dengan rata-rata 68,4. Siklus II, siswa yang memenuhi KKM ≥65 adalah 26 siswa (83,8%) dari 31 siswa dengan rata-rata 76,2. Penelitian ini menyimpulkan melalui pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar. Kata kunci: Pembelajaran kontekstual, hasil belajar, operasi hitung bilangan bulat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kontekstual, hasil belajar, operasi hitung bilangan bulat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: YOGA EKA WARDHANA
Date Deposited: 02 May 2016 01:15
Last Modified: 02 May 2016 01:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/43164

Actions (login required)

View Item View Item