PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN SETS (Sains Environment Technology and Society) DILENGKAPI DENGAN MEDIA LKS (Lembar Kerja Siswa) PADA SISWA SMA MUHAMMADIYAH PURWODADI

MUTYAWATI, LAELA (2009) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN SETS (Sains Environment Technology and Society) DILENGKAPI DENGAN MEDIA LKS (Lembar Kerja Siswa) PADA SISWA SMA MUHAMMADIYAH PURWODADI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta Perpustakaan.

[img]
Preview
PDF
A420050084.pdf

Download (38kB)
[img] PDF
A420050084.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)

Abstract

Proses pembelajaran yang kurang kondusif di kelas X C SMA Muhammadiyah Purwodadi perlu dilakukan proses pembelajaran yang lebih baik, oleh karena itu peneliti memilih pendekatan SETS (Sains Environment Technology and Society) dan dilengkapi media LKS (Lembar Kerja Siswa) sebagai metode mengajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada materi pokok ekosistem menggunakan pendekatan SETS (Sains Environment Technology and Society) dilengkapi dengan media LKS (Lembar Kerja Siswa) pada siswa SMA Muhammadiyah Purwodadi Kelas X C Tahun Ajaran 2008/2009. Penelitian ini diawali dengan diskusi tentang pengertian dan macam-macam ekosistem, diakhiri dengan kesimpulan dan post-test pada tiap siklusnya. Teknik pengumpulan data melalui dialog awal, observasi proses selama tindakan, tes, dokumentasi dan refleksi. Analisis data dari penelitian ini dengan cara penelitian tindakan, yaitu dengan cara mengalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dan dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I rata-rata hasil belajar kognitif siswa sebesar 6,4;aspek afektif 19,8 (termasuk kategori kurang berminat). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II dari aspek kognitif meningkat menjadi 6,9 dan aspek afektif 24,0 (termasuk ketegori cukup berminat). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus III meningkat menjadi 8,4 dan aspek afektif 28,5 (termasuk kategori berminat). Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa setelah penerapan pendekatan SETS dilengkapi dengan media LKS pada pembelajaran terjadi perbedaan yang signifikan dengan persamaan Y = -33,94 + 0,002 X1 – 4,81 X2 R² = 0,0(0,0014)*(0,018)

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pendekatan SETS (Sains Environment Technology and Society)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 20 Oct 2009 08:37
Last Modified: 25 Oct 2011 06:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4309

Actions (login required)

View Item View Item