PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN RESPIRASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE TANYA JAWAB, DEMONSTRASI, DAN EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS XI IPA SEMESTER II SMA AL-ISLAM 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009

ROSARI, RATIH (2009) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN RESPIRASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE TANYA JAWAB, DEMONSTRASI, DAN EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS XI IPA SEMESTER II SMA AL-ISLAM 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta Perpustakaan.

[img]
Preview
PDF
A420050083.pdf

Download (34kB)
[img] PDF
A420050083.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (859kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar biologi pokok bahasan respirasi dengan menggunakan metode pembelajaran tanya jawab, demonstrasi, dan eksperimen pada siswa kelas XI IPA semester II SMA Al Islam 2 Surakarta tahun pelajaran 2008/2009. Penelitian ini diawali dengan tanya jawab antara guru dengan murid dan diakhiri dengan kesimpulan dan post-test pada tiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I (ranah kognitif = 68,9 atau meningkat sebesar 1,6% dari nilai awal dengan standar deviasi (SD) sebesar 8,16; ranah afektif = 14,5 (termasuk kategori kurang berminat); ranah psikomotor = 13,8 (termasuk kategori kurang berminat)). Rata-rata hasil belajar pada siklus II (ranah kognitif = 77,8 atau meningkat sebesar 12,9% dari siklus I dengan standar deviasi (SD) sebesar 6,76; ranah afektif = 16,9 (termasuk kategori cukup berminat) atau meningkat sebesar 16,5% dari siklus I; ranah psikomotor = 16,15 (termasuk kategori cukup berminat) atau meningkat sebesar 17% dari siklus I). Rata-rata hasil belajar pada siklus III (ranah kognitif = 89,1 atau meningkat sebesar 14,5% dari siklus II dengan standar deviasi (SD) sebesar 6,89; ranah afektif = 20,8 (termasuk kategori berminat) atau meningkat sebesar 23% dari siklus II; ranah psikomotor = 18,5 (termasuk kategori berminat) atau meningkat sebesar14,5% dari siklus II). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode tanya jawab, demonstrasi, dan eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada pokok bahasan respirasi bagi siswa kelas XI IPA semester II SMA Al-Islam 2 Surakarta tahun pelajaran 2008/2009.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, pembelajaran dengan metode tanya jawab, demonstrasi, dan eksperimen.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 20 Oct 2009 08:33
Last Modified: 25 Oct 2011 06:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4308

Actions (login required)

View Item View Item